Bagi kamu penggemar kisah Harry Potter tentu tak asing lagi dengan mantra-mantra sihir yang sering diucapkan Harry dan kawan-kawan, bahkan lawannya. Ternyata banyak mantra yang diciptakan J.K. Rowling berasal dari kata dalam bahasa Latin. Berikut ini beberapa mantra yang ada di film “Harry Potter” dan artinya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Confundus

Hermione saat mengucapkan mantra Confundus (Twitter)

Mantra ini digunakan saat ingin membuat lawan bingung. Mantra ini berasal dari kata kerja dalam bahasa Latin, yaitu â??confundereâ?. Kata awalan con- berarti â??dengan atau bersamaâ? dan kata akhiran â??fundo berarti â??menuangâ?. Ketika disatukan, maka akan berarti â??campuranâ?, namun dapat juga diartikan sebagai â??campur aduk atau bingungâ?.

2. Crucio

Crucio (Quora)

Crucio adalah mantra untuk membuat lawan merasakan sakit luar biasa. Dalam bahasa Latin, kata â??cruciareâ? berarti â??penyiksaanâ? (to crucify/torture). Jadi, mantra Crucio artinya â??Saya siksaâ? (I torture), yang secara harafiah penyebutannya mirip dengan kata â??Harry Potterâ?. Crucio merupakan kutukan yang paling tak termaafkan, karena biasanya digunakan sebagai hukuman yang mematikan.

3. Imperio

Imperio (Thisinsider)

Mantra ini membuat penyihir lain melakukan apa yang kamu inginkan. Bahasa latinnya â??kekuasaanâ? adalah â??imperiumâ?, dan â??imperoâ? berarti â??Saya perintahkanâ? (I order). Dari situlah J.K. Rowling menggabungkan dua kata ini menjadi mantra.

4. Lumos

Mantra Lumos munculkan cahaya (Andrewmcgill)

Mungkin mantra ini adalah mantra yang paling sering digunakan dalam buku maupun filmnya. Mantra Lumos berasal dari kata â??lumenâ? yang dalam bahasa Latin berarti â??cahayaâ?, sesuai fungsinya untuk memunculkan cahaya pada tongkat sihir.

5. Nox

Cahaya pada tongkat (Quora)

Ini merupakan mantra kebalikan dari Lumos. Nox adalah bahasa Latinnya â??malamâ? (night) yang biasanya diidentikkan dengan suasana gelap. Jadi, maksud mantra ini adalah untuk menghilangkan cahaya yang ada di tongkat sihir.

6. Expelliarmus

Expelliarmus (Harrypottermagic)

Sebenarnya mantra ini terdiri dari dua bagian kata. Kata pertama berasal dari kata Latin â??expellereâ? yang berarti â??dipaksa keluarâ?. Lalu kata â??armaâ? yang diterjemahkan sebagai â??senjataâ? dalam bahasa Latin. Keduanya digabungkan dan jadilah Expelliarmus yang berarti â??untuk memaksakan senjataâ?. Mantra ini berguna untuk melucuti senjata lawan.

7. Sectumsempra

Sectumsempra (Harrypotterwikia)

Mantra ini juga hasil dari kombinasi dua kata. Bagian pertamanya adalah â??sectumâ? yang diterjemahkan sebagai â??potongâ?. Dan â??sempraâ? yang berarti â??selalu atau konstanâ?. Efek dari mantra itu akan menghasilkan luka yang terbuka, dan hanya kutukan balik yang bisa menutupnya.

8. Wingardium leviosa

Wingardium leviosa (Thisinsider)

Mantra ini merupakan kombinasi dari banyak pengaruh. â??Wingâ? yang bukan berasal dari kata Latin tersebut merujuk pada gambaran objek yang bisa terbang. Sementara bagian â??ardâ? dari Wingardium berasal dari bahasa Latin â??arduusâ? yang berarti â??melayangâ?. Dan diakhiri dengan â??leviâ? yang artinya â??naikâ?. Mantra ini digunakan untuk membuat benda melayang-layang.

9. Homenum revelio

Harry Potter, Hermione dan Ron (Harrypotterwikia)

Di dunia sihir, mantra ini digunakan untuk memberi tahu bahwa ada manusia di sekitarnya yang mungkin tengah bersembunyi atau yang akan datang. Dalam bahasa Latin, kata â??hominisâ? berarti â??manusiaâ? dan â??revelareâ? adalah sebuah kata kerja yang artinya â??tampakâ? (to reveal). Kalau digabungkan, maka menjadi mantra yang berarti â??manusia yang tampakâ? kalau mereka sedang bersembunyi di sekitarnya.

10. Priori incantatem

Priori incantatem (Harrymedia)

â??A prioriâ? merupakan frasa Latin yang berarti â??dari awalâ?. Mantra ini akan mengakibatkan tongkat sihir pengguna mantra tersebut memunculkan bayangan mantra sebelumnya. Sementara â??Incantatemâ? diturunkan dari kata Latin â??incantareâ? yang berarti â??menceritakan kembaliâ?, yang biasanya dilakukan di antara sesama penyihir. (tom)