Siapa sangka salah satu founder Google, Larry Page juga tengah membuat percobaan mobil terbang yang benar-benar bisa dinaiki oleh manusia. Lewat sebuah perusahaan bernama Kitty Hawk, mereka memperkenalkan sebuah mobil terbang mirip drone kendali dengan nama Kitty Hawk Flyer.

Tak perlu waktu yang lama, dunia akhirnya melihat bagaimana hasilnya. Video dari Kitty Hawk Flyer ini sudah diunggah ke YouTube. Dalam debutnya, Kitty Hawk Flyer ini menunjukkan sistem penerbangan berbasis kapal yang juga dapat meluncur di atas air.

Kitty Hawk Flyer (Uncrate)

Menariknya lagi, seperti dilansir dari situs resminya, kittyhawk.aero, Kitty Hawk rupanya memiliki tujuan yang lebih dari sekadar menjadi sebuah pilot kendaraan terbang saja. Pasalnya, Kitty Hawk Flyer adalah pesawat baru all-electric yang aman, teruji, dan legal untuk dioperasikan di Amerika Serikat dan di negara lain.

Kitty Hawk Flyer masih merupakan prototipe yang baru saja diluncurkan pada bulan ini. Kitty Hawk mengklaim, Flyer sudah dites secara aman dan telah mendapatkan izin dari FAA untuk digunakan secara pribadi tanpa lisensi pilot sekalipun. Sehingga Kitty Hawk percaya diri bisa meluncurkan Flyer pada akhir tahun ini.

Sayangnya, walaupun bernama â??mobil terbangâ?, Kitty Hawk mengklaim versi pertama dari Flyer ini hanya akan diperbolehkan terbang di atas air. Seperti dalam video yang mereka unggah, Kitty Hawk Flyer secara khusus telah dicobakan untuk terbang di sebuah danau di San Fransisco, Amerika Serikat.

Kitty Hawk Flyer (The Drive)

Kitty Hawk nantinya akan menawarkan paket harga senilai USD 100 atau setara dengan Rp 1,3 jutaan yang berisi beberapa hal. Paket tersebut berisi perangkat Kitty Hawk, akses awal untuk mendapatkan pembaruan produk, dan yang terpenting, prioritas waiting list untuk benar-benar membeli produk ini jika benar-benar sudah dipasarkan.

Larry Page sendiri berambisi untuk membuat kendaraan terbang secepatnya. Selain di Kitty Hawk, Page juga telah berinvestasi di Zee.aero yang juga merupakan bagian dari Kitty Hawk di bidang desain pesawat elektrik. Dia berharap beberapa tahun ke depan, setiap orang bisa menjalankan kendaraan terbang sendiri untuk alat transportasi alternatif.

Berikut ini video dari Kitty Hawk Flyer.

(tom)