Memasak memang menjadi salah satu hobi menyenangkan bagi siapapun. Tak hanya ibu-ibu, pria hingga anak-anak juga terkadang memiliki kegemaran memasak. Kendalanya, berdiri memasak beberapa jam di dapur saja sudah terbilang melelahkan.

Namun, beda halnya dengan koki asal India yang bernama Vishnu Manohar yang satu ini. Dilansir dari Times of India, Rabu (26/4/2017), chef seleb ini memasak tanpa henti selama 2 hari lebih, tepatnya 53 jam, mulai dari hari Jumat, 21 April pukul 8 pagi hingga Minggu, 23 April pukul 3 pagi.

Vishnu Manohar (Times of India)

Berkat kegigihannya, Manohar pun berhasil mencatatkan namanya dalam Guinness World Records sebagai koki dengan waktu masak terlama non stop. Rekor ini ia pecahkan setelah mengalahkan juara sebelumnya yaitu chef asal Amerika, Benjamin Perry yang memasak selama 40 jam.

Selama acara berlangsung, Manohar menyiapkan lebih dari 750 masakan dan menyajikannya kepada juri serta tamu undangan. Selama memasak, ia menggunakan 8 kompor dan ditemani 15 asisten yang membantunya menyiapkan bahan masakan sesuai dengan resep dan ketentuan.

Vishnu Manohar (Times of India)

Begitu selesai dan mengetahui ia memecahkan rekor, sukacita dari seluruh pendukung pecah. Kerumunan orang pun naik ke panggung memberinya selamat. Istri Vishnu, Aparna mengalungkan karangan bunga di leher chef seleb ini. Vishnu, mendedikasikan penghargaan ini untuk dewi Annapurna dan petani di Vidarbha.

“Saya masih punya energi untuk bertahan 10 jam lagi,” ujar Vishnu sambil bercanda.

Vishnu Manohar (Times of India)

Vishnu yang biasa masak berjam-jam untuk acara TV mengatakan ia telah berlatih untuk memecahkan rekor dengan masak di kantin bandara juga stasiun kereta api yang buka 24 jam. Ia juga membiasakan diri tidak tidur.

“Persiapan telah dimulai sejak 1 bulan sebelumnya. Selama 3 hari terakhir, saya memberinya diet protein dan karbo untuk mempertahankan energi. Ia juga diberi banyak buttermilk dan air untuk cegah dehidrasi mempertimbangkan panas saat masak.” ujar ahli gizi yang diperkerjakan oleh Vishnu. (tom)