Amerika Serikat punya superhero dari Marvel dan DC seperti Iron Man, Captain America, Batman atau Superman. Ternyata, Jepang juga tak kalah dari AS dengan memiliki berbagai macam superhero, yang beberapa di antaranya terkenal juga di Indonesia. Berikut ini adalah superhero asal Jepang, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Gekko Kamen

Gekko Kamen (Hero-news)

Bisa dibilang Gekko Kamen adalah dedengkot superhero di Jepang. Pasalnya, Gekko Kamen atau bahasa Inggrisnya Moonlight Mask sudah lebih dulu eksis dibandingkan lainnya, yaitu pada tahun 1958. Gekko Kamen memakai kain penutup pada wajahnya. Dia terlihat seperti ninja dengan cambuk, dua bumerang dan senjata lainnya. Dia mengendarai sepeda motor.

2. Kamen Rider

Kamen Rider (Kamenriderwikia)

Masih ingat dengan Ksatria Baja Hitam? Tokoh tersebut aslinya merupakan salah satu dari seri “Kamen Rider” (Masked Rider), dan judul Jepangnya “Kamen Rider Black” dan dilanjutkan dengan “Kamen Rider Black RX”. Seri “Kamen Rider” cukup banyak, dimulai dari “Kamen Rider” awal pada tahun 1970an hingga yang terbaru tahun ini “Kamen Rider Ex-Aid”. Jika ditotal, Kamen Rider sudah berjumlah lebih dari 100. Konsep awal dari “Kamen Rider” ini adalah semua kostumnya bertema serangga, namun sekarang pakem tersebut tak begitu digunakan lagi.

3. Super Sentai

Super Sentai (Amazonaws)

Sama seperti “Kamen Rider”, seri “Super Sentai” ini juga cukup banyak jumlahnya. Salah satunya pasti sudah kamu kenal, yaitu “Mighty Morphin Power Rangers”, yang di versi asli Jepangnya berjudul “Kyoryu Sentai Zyuranger”. Ciri khas dari “Super Sentai” ini adalah anggotanya berjumlah 3-5 orang, dan masing-masing memiliki kostum berwarna-warni. Warna yang wajib ada di “Super Sentai” ini adalah merah.

4. Metal Heroes

Metal Heroes (Interruptor Nerd)

Metal Heroes ini juga terdiri dari beberapa tokoh. Tokoh Metal Heroes yang paling terkenal baik di Jepang maupun di Indonesia adalah Gavan (atau Gaban), Sharivan, dan Shaider, yang ketiganya tergabung dalam seri “Uchuu Keiji” alias “Space Sheriff”. Selain ketiga tokoh itu, ada pula Ninja Jiraiya, Jiban dan juga Metalder.

5. Ultraman

Ultraman (Denofgeek)

Seri “Ultraman” juga terdiri dari beberapa tokoh, seperti misalnya Ultraman Leo, Ultraman Taro, atau Ultraman Tiga. Beberapa yang sempat tayang di Indonesia adalah “Ultraman 80”, “Ultraman Taro”, “Ultraman Leo”, “Ultraman Tiga”, “Ultraman Dyna”, serta “Ultraman Gaia”. (tom)