5 Band Asal Bandung yang Sukses Mendunia

Tidak berlebihan jika menyebut Bandung sebagai Kota Band Indie. Dikenal dengan industri musik kreatifnya, Bandung telah melahirkan banyak band-band indie yang ikut mewarnai kancah musik tanah air. Bahkan di antaranya juga mampu meraih prestasti di panggung internasional, meskipun menempuh jalan bermusik indie. Berikut ini adalah 5 band asal Bandung yang sukses mendunia, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Burgerkill

Band asal Ujungberung, Bandung ini sudah malang melintang menghidupkan gaung musik cadas. Band yang sempat masuk dapur rekaman major label itu, menjadi salah satu band indie yang telah berbicara banyak di kancah musik internasional. Dalam ajang Golden Gods Awards 2013 di kategori Metal As F*ck, Burgerkill mampu mengalahkan nama tenar seperti Jason Newsted, Pussy Riot, Nergal dan Sea Shepherd. Pada ajang yang berlangsung 17 Juni 2013 tersebut, Burgerkill juga sempat tampil sepanggung dengan sejumlah nama besar grup metal seperti Motorhead, Airbourne, Five Finger Death Punch, Coal Chamber, dan Paradise Lost.

2. The S.I.G.I.T

Band ini terbentuk pada tahun 1990-an, dan terdiri dari 4 orang teman masa SMA. Dalam karya-karyanya, The S.I.G.I.T lebih banyak menggunakan lirik bahasa Inggris. Alasannya adalah karena memang mereka lebih sering manggung di luar negeri. Album pertama mereka “Visible Idea of Perfection”, membawa mereka menjalani tur internasional ke Australia. Band yang digawangi Rekti (Vocal dan gitar), Farri (gitar), Adit (Bass), dan Acil (Drum) itu juga pernah menjajal panggung SXSW di Austin, Amerika Serikat pada 2009. The S.I.G.I.T yang melahirkan album keduanya “Detourn” pada 2013 lalu itu  juga beberapa kali manggung di Home Club Singapura, pada 2007 dan juga 2013.

3. Jeruji

Berkiprah cukup panjang di dunia musik, band punk asal Bandung ini tengah menjalani konser 21 Kota di Eropa. Mereka menjalani konser bertajuk “JERUJI 20th Anniversary of European Tour” tersebut  selama 20 hari di 9 negara, yaitu Ceko, Slovakia, Polandia, Jerman, Austria, Belgia, Prancis, Belanda, dan Swiss. Perjalanan Jeruji ke Eropa tersebut bahkan mendapatkan dukungan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Dalam akun instagramnya, Ridwan Kamil mengunggah fotonya bersama kelima personil Jeruji. Menurut dia, konser tersebut merupakan bentuk diplomasi musik untuk mendukung promosi Bandung dan Indonesia.

4. Bottlesmoker

Hanya beranggotakan dua personel, Anggung Kuy Kay dan Ryan Nobie, Bottlesmoker banyak mendapatkan sambutan di luar negeri. Pada tahun 2009, mereka menjalani tur pertama mereka dengan konser mini di Malaysia. Bottlesmoker yang memiliki  album perdana berjudul “Before Crisis Over” tersebut kemudian juga pernah manggung di Asian Festival Filipina pada 2010. Di tahun yang sama mereka bahkan menyabet juara I kategori Best Electro/Dance Act, dan Juara III kategori Best Electro/Dance Song pada  kompetisi musik indie Asia Pasifik atau AVIMA (Asia Pasific Voice Independent Music Awards).

5. Speaker First

https://www.youtube.com/watch?v=b4GJYgfK0xI

Setelah vakum beberapa tahun, Band asal Bandung ini kembali meramaikan musik tanah air pada 2016 lalu. Band trio ini langsung menjalani konsernya di klub ‘Off the Cuff’, London, Inggris. Digawangi Mahattir Alkatiry, Benny Barnady, dan Bony Barnaby, Speaker First merupakan band yang menampilkan genre musik Rock n roll. Saat ini, mereka tengah menjalankan tur perdana mereka di Amerika Serikat, The Anthem Tour 2017. Tur tersebut berlangsung di tujuh kota yakni San Diego, Orange County, Los Angeles, Fresno, Napa, Portland, dan Seattle. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Dari Ksatria Baja Hitam Sampai Ultraman, Inilah Para Superhero Asal Jepang

Melihat Sosok Bung Karno yang Humoris