5 Film Jadul dengan Efek Luar Biasa


Efek khusus, atau special effect, adalah salah satu unsur yang membuat film menjadi menarik. Karena melalui special effect akan membuat film lebih terasa lebih nyata. Seiring perkembangan zaman, special effect mulai bertambah canggih, berbeda dengan film lama atau klasik yang dibuat dengan efek sederhana. Namun, tak semua film lama memiliki efek sederhana, seperti misalnya 5 film ini, yang dibuat dengan efek luar biasa meski peralatannya masih terbatas.

1. The Ten Commandments

The Ten Commandments adalah film tahun 1956 produksi Paramount Pictures yang menceritakan tentang kisah Nabi Musa. Biaya film ini mencapai USD 116 juta, atau sekitar Rp 1,6 triliun jika dihitung dengan kurs saat ini. Pada saat itu, biaya tersebut tergolong sangat besar. Ini cukup wajar karena di sini Paramount ingin menampilkan sesuatu yang belum pernah dilihat sebelumnya. Untungnya Paramount mampu membuat hal itu terjadi. Ini terjadi ketika penonton diperlihatkan bagaimana saat Laut Merah membelah menjadi dua. Untuk membuat hal ini terjadi tim produksi film ini membutuhkan waktu hingga 6 bulan dan membutuhkan air hingga 360 ribu galon untuk mengisinya dalam sebuah tangki berbentuk huruf U, yang kemudian rekamannya diputar secara terbalik dan direkayasa sedemikian rupa hingga terlihat nyata.

2. An American Werewolf In London

Film rilisan tahun 1981 ini menceritakan kisah dua orang turis Amerika yang berkunjung ke Inggris. Namun di tengah perjalanan, mereka diserang oleh manusia serigala, tapi dari pengakuan penduduk setempat tidak ada yang namanya manusia serigala. Mungkin kamu menganggap film ini adalah film yang biasa, apalagi film ini dikembangkan pada era 80-an dimana saat itu special effect belum secanggih sekarang. Namun kamu pasti akan terbelalak ketika melihat adegan transformasi yang menampilkan perubahan seorang manusia menjadi manusia serigala. Adegan tersebut menjadi legendaris sampai sekarang, bahkan membuat para penonton tidak akan bisa melupakan adegan tersebut. Ini tentu sebuah pekerjaan yang sangat sulit bagi tim efek khusus film ini, karena mereka harus menggunakan kombinasi animatronic dan fotograpi untuk menggambarkan adegan tersebut agar terlihat realistis.

3. Blade Runner

Tidak seperti kedua film sebelumnya, “Blade Runner” bukanlah sebuah film yang menampilkan special efek yang megah dan mahal, namun film rilisan tahun 1982 ini menampilkan sebuah tontonan dengan banyak warna yang cukup memanjakan mata. Film ini sendiri mengisahkan zaman pada tahun 2019 dimana manusia sudah mampu membuat sebuah teknologi yang sejenis dengan kloning. Kloningan yang disebut Replicant tersebut adalah sebuah tiruan manusia yang mempunyai keunggulan-keunggulan dibandingkan manusia baik dari segi fisik ataupun kepintaran. Tapi ternyata kepintaran dan keunggulan tersebut menyebabkan terjadinya pemberontakan oleh para Replicant. Untuk menghentikan pemberontakan tersebut dibentuklah sepasukan pemburu bernama Blade Runner yang bertugas menangkap Replicant untuk kemudian dibuang dan diasingkan keluar Bumi.

4. Alien

Meski bukan film yang dibuat dengan skala besar, “Alien” terbilang spektakuler dan memiliki efek luar biasa, padahal film ini diproduksi pada tahun 1979. Alasannya adalah karena film ini memiliki desain unik dari alien yang disebut dengan Xenomorph. Apalagi ketika alien keluar dari dada seorang pria, dan meneror seluruh kru dalam pesawat tersebut, gerakan anehnya yang realistis membuat rasa takut yang luar biasa bagi para penontonnya.

5. Terminator 2: Judgment Day

https://www.youtube.com/watch?v=ZdzCb_hjoTY

Film rilisan tahun 1991 ini bisa dibilang merupakan pelopor film yang menggunakan CGI sebagai efek khususnya. Hal ini menjadi sebuah pertaruhan besar, karena saat itu komputer tidak disukai oleh kebanyakan studio. Komputer dikenal sebagai sebuah teknologi yang mahal, dana tak seorang pun berani untuk mengambil resiko karena belum banyak orang yang mampu menguasai teknologi tersebut. Namun James Cameron mematahkan semua pendapat tersebut, dan berhasil meyakinkan semua orang bahwa dirinya mampu melakukan hal yang tidak mungkin. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak