Hari Kamis kemarin, Tulus baru saja merilis video klip untuk single “Manusia Kuat”. Lagu ini ditulis sendiri oleh Tulus, dan merupakan bagian dari album “Monokrom”.

Lagu ini sejatinya merupakan seruan untuk pantang menyerah, dan juga tentang semangat hidup. Lagu ini menbicarakan tentang jiwa, yang merupakan kekuatan besar dalam raga manusia. Jiwa merupakan bagian yang tak tersentuh, namun tetap bisa berlari kencang walau raga mungkin lumpuh.

Lewat lagu ini pula, Tulus ingin menyuarakan keyakinannya, bahwa tak ada satu manusia pun yang bisa benar-benar mematahkan langkah baik seorang manusia lainnya.

Terkait video klipnya, kabarnya â??Manusia Kuatâ? melibatkan lebih dari 50 musikus dalam proses pembuatannya. Lagu ini direkam di Indonesia, dan di salah satu studio terbesar di Republik Ceko, Eropa. Lagu ini juga melibatkan string section dari The City of Prague Philharmonic Orchestra.

Fakta uniknya, video klip ini merupakan karya kolaborasi Tulus dengan Papermoon Puppet Theatre, kelompok seniman teater boneka asal Yogyakarta yang karyanya telah mendunia. Papermoon, dikenal dengan karya imajinatif, dan bingkai unik dari berbagai kisah dan peradaban. Dalam video ini, digambarkan satu tokoh anak-anak yang berhasil menunggangi rasa takutnya menjadi kekuatan. Sosok anak-anak merupakan lambang harapan, kebebasan, dan masa depan.

Video klip ini juga merupakan kolaborasi kedua Tulus dengan kelompok sineas muda Embara Films. Di kolaborasi sebelumnya untuk lagu “Ruang Sendiri”, Embara Films mendapatkan anugerah film Piala Maya 2016 sebagai Video Klip Terpilih.

Berikut ini video klipnya.

(tom)