Para pengguna kendaraan bermotor di Indonesia pastinya pernah merasakan yang namanya ditilang. Sebagian sadar akan kesalahannya, namun tak sedikit pula merasa peraturan yang dibuat pemerintahlah yang keterlaluan. Namun, aturan lalu lintas di Indonesia ini seperti tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan aturan lalu lintas dari negara lain, yang lebih ribet. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 negara dengan aturan lalu lintas paling ribet.

1. Jepang

Cipratan genangan air (Otomotif)

Para pengendara di Jepang dilarang melewati jalan yang tergenang air atau berlumpur. Para pengguna jalan yang sengaja ataupun tak sengaja mengotori para pejalan kaki tentunya akan dikenakan sanksi. Meskipun ribet, tapi peraturan ini dinilai dapat menguntungkan para pejalan kaki.

2. Uni Emirat Arab

Ilustrasi cuci mobil (Mobil123)

 

Uni Emirat Arab menerapkan peraturan yang sangat unik dan ribet. Salah satunya yaitu dilarang mengendarai kendaraan yang kotor di jalan raya. Selain itu, negara ini juga melarang warganya untuk mencuci mobil di tempat umum, kecuali di rumah sendiri. Negara yang terkenal dengan kemajuan infrastrukturnya ini memang terlihat sangat bersih dan rapi, sehingga tak heran jika peraturan itu diterapkan.

3. Filipina

Mobil Filipina (Wikipedia)

Kalau di Jakarta ada sistem ganjil genap, di Manila, Filipina, ada peraturan khusus untuk mobil dengan plat nomor yang diakhiri angka 1 dan 2. Mobil berplat 1 dan 2 dilarang berlalu-lalang di jalan raya khusus pada hari Senin. Sama seperti di Indonesia, hal ini diterapkan oleh pemerintah untuk mengatasi kemacetan.

4. Amerika Serikat

Mobil hitam (WowKeren)

Pemerintah Colorado, Amerika Serikat melarang siapapun mengendarai mobil berwarna hitam saat hari Minggu. Entah apa alasannya, tapi peraturan ini membuat para penduduk yang punya kendaraan warna hitam, terpaksa menggunakan transportasi umum jika ingin bepergian pada hari Minggu.

5. Yunani

Ilustrasi parkir sembarangan (Tribunnews)

Masih ingat dengan wanita yang marah-marah saat mobilnya diderek karena parkir sembarangan? Di Yunani, para pengendara seperti itu pasti akan kapok. Di negara ini, pengendara yang nekat memakirkan kendaraannya di sembarang tempat harus siap jika surat ijin mengemudinya dicabut. Kalau di Indonesia hanya ditahan, di Yunani SIM-nya akan dicabut dan harus membuat yang baru. (tom)