Kostum Spider-Man dalam “Civil War” mengingatkan kita kembali pada kostum klasik Spider-Man versi komik pada tahun 1966. Dalam komiknya, Spider-Man memang dikenal memiliki kostum seperti demikian: berwarna merah dan biru. Akan tetapi, seiring berjalannya cerita, terkadang ada saat dimana Spidey harus berganti kostum karena berbagai alasan: karena harus mengalahkan musuh atau kadang malah karena tidak sengaja sama sekali. Berikut ada beberapa kostum lain Spider-Man yang tak kalah keren, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Iron Spider

Iron Spider (Marvel)

Kostum ini pertama kali muncul dalam event “Civil War”. Tony Stark mendesain kostum ini dan memberikannya kepada Peter Parker karena kostum Spider-Man yang dia miliki hanyalah sebuah â??kostumâ?. Iron Spider memiliki warna merah dan kuning layaknya warna armor Iron Man. Kostum ini memiliki banyak sekali gadget seperti Waldoes (tangan laba-laba mekanik), pelindung anti peluru yang terbuat dari titanium, lensa yang bisa digunakan untuk zoom, serta fitur â??kamuflaseâ? yang bisa digunakan untuk mengubah warna kostum ini.

2. Spider-Armor Mk III/Anti-Sinister Six Armor

Spider-Armor Mk III/Anti-Sinister Six Armor (Marvel)

Sinister Six menjadi salah satu musuh paling berbahaya Spider-Man. Dalam seri “Ends of the Earth”, Spider-Man pun menciptakan kostum Spider-Armor Mk III untuk menghadapi seluruh anggota Sinister Six pada saat itu. Hampir mirip dengan Iron Spider, Spider-Armor Mk III juga memiliki segudang gadget dan fitur yang sangat berguna bagi Spidey untuk mengalahkan Sinister Six. Kostum ini juga memiliki ketahanan yang luar biasa, sanggup bertahan dari serangan Rhino dan juga Thor. Spider-Armor Mk III memiliki sepatu jet yang bisa membuatnya terbang.

3. Future Foundation Spider-Man

Future Foundation Spider-Man (Marvel)

Setelah kematian (sementara) dari teman baiknya, Johny Storm, Spider-Man diajak bergabung oleh anggota Fantastic Four yang tersisa dan membentuk tim baru: Future Foundation. Kostum ini memiliki warna hitam dan putih dan sangat berkesan â??futuristikâ??. Karena terbuat dari molekul tak stabil (Unstable Molecule) kostum ini tidak bisa kotor, jadi Peter tak perlu repot-repot mencuci kostum ini. Tentu saja, selain bebas dari noda, kostum ini bisa berganti warna menjadi kostum biru-merah klasik atau pakaian biasa dengan hanya membayangkannya. Kostum ini terus digunakan oleh Spidey hingga akhirnya Johnny kembali pada Fantastic Four.

4. Spider-Man 2099

Spider-Man 2099 (Marvel)

Pertama kali muncul pada universe Marvel 2099, kostum ini dikenakan oleh Miguel Oâ??Hara. Warnanya tetap berwarna merah dan biru, tetapi warna biru lebih dominan dan simbol laba-laba digantikan dengan lambang tengkorak-laba-laba. Hal yang paling menonjol dari kostum ini adalah cakar yang tajam dibagian jari dan juga lengannya.

5. Spider-Man Noir

Spider-Man Noir (Marvel)

Spider-Man Noir dan muncul dalam universe Marvel Noir. “Spiderman-Noir” mengambil setting pada tahun 1933 dan mengambil tema yang lebih gelap dan serius daripada Spider-Man biasanya. Berbeda dengan kebanyakan Spider-Man, Spider-Man Noir tidak merayap di dinding. Meskipun begitu, Spider-Man Noir tetap memiliki jaring laba-laba dan spider-sense-nya.

6. Ultimate Spider-Man

Ultimate Spider-Man (Marvel)

Dalam universe Marvel Ultimate, Peter Parker yang sebelumnya terluka setelah melindungi Captain America dari tembakan The Punisher harus berjuang mati-matian melawan Green Goblin. Tentu saja, karena luka yang parah dan Green Goblin yang brutal, Spider-Man meninggal secara heroik meski dia berhasil mengalahkan musuhnya tersebut. Sepeninggalan kematian Peter, munculah Miles Morales dan menggantikan Peter sebagai Spider-Man. Kostum ini sendiri berwarna hitam dan merah, alih-alih berwarna biru dan merah. Miles mengganti penampilan kostumnya karena kostum sebelumnya yang mirip dengan milik Peter Parker dikritik oleh banyak orang.

7. Symbiote Spider-Man/Black Suit

Symbiote Spider-Man/Black Suit (Marvel)

Dengan menggunakan kostum Symbiote, kekuatan Spidey meningkat pesat hingga dia bisa mengangkat beban seberat 70-75 ton. Spidey juga bisa merayap di permukaan yang basah, memiliki jaring organik dan tak terbatas, serta kemampuan untuk merasakan keberadaan Symbiote lainnya. Peter juga memiliki versi non-Symbiote dari kostum ini. Penampilannya sama, tetapi tidak memiliki kemampuan khusus.

8. Stealth Suit

Stealth Suit (Marvel)

Dalam storyline Big Time, Peter membuat Stealth Costume di Horizon Labs untuk mengatasi sonic screams milik Hobgoblin. Sesuai namanya, kostum ini dapat membuat Spidey menghilang baik dari penglihatan atau pendengaran musuh (stealth). Sinar pada permukaan kostum tersebut digunakan supaya orang lain dapat melihatnya. Selain itu, kostum ini juga memiliki mode untuk menahan jenis serangan yang menggunakan suara, tetapi membuat Peter tak dapat mendengar suara/berkomunikasi dengan orang lain dalam mode ini. Kostum ini juga tahan api dan bisa kembali seperti sedia kala jika rusak.

9. Spider-Man (Ben Reilly)

Kostum Spider-Man versi Ben Reilly (Marvel)

Dalam Clone Saga, ketika Peter Parker digantikan oleh kloning-nya, Ben Reilly, kostum Spider-Man pun berubah penampilannya. Kostumnya yang dikenakan oleh Ben Reilly mirip dengan kostum original Spidey, dengan sedikit perbedaan. Setelah Ben Reilly meninggal, kostum ini menjadi salah satu kostum Spider-Man paling keren dan paling disukai fans. Bahkan kabarnya kostum ini menginspirasi kostum film “The Amazing Spider-Man” buatan Marc Webb.

10. The Amazing Bag Man

The Amazing Bag Man (Marvel)

Setelah mendapatkan kostum baru di Secret Wars #8 (symbiote costume), Peter pergi ke Baxter Building dan meminta bantuan Reed Richards untuk meneliti kostum tersebut. Setelah diteliti, Reed menyarankan bahwa Peter harus membuang kostum tersebut. Sayangnya, karena tidak membawa kostum cadangan, Peter pun bingung hendak pulang mengenakan apa. Johnny Storm yang usil pun memberikan salah satu kostum Fantastic Four kepada Peter lengkap dengan sebuah kantong kertas untuk menutupi wajah Peter. Dalam perjalanan pulang, Spidey pun melawan kejahatan sebagai The Amazing Bag Man. (tom)