Kebun Binatang (instagram.com)

Kebun binatang atau yang lebih dikenal dengan julukan bonbin merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi saat weekend dan liburan. Sesuai dengan namanya, kebun binatang merupakan suatu tempat wisata yang berisi aneka binatang atau satwa mulai dari satwa mamalia, primata, unggas, dan masih banyak lagi. Selain itu, beberapa kebun binatang juga memiliki beberapa satwa langka yang dilindungi. Kebun binatang sangat identik dengan wisata keluarga karena sifatnya yang mengedukasi. Kamu bisa berkenalan langsung dengan aneka jenis satwa yang berasal dari seluruh dunia. Indonesia tercatat memiliki lebih dari sepuluh kebun binatang yang tersebar di beberapa kota besar, lima di antaranya sangat popular dan banyak diminati seperti kebun binatang di bawah ini!

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan (infojalanjalan.com)

Berbicara tentang kebun binatang yang popular, pastinya Kebun Binatang Ragunan ini tak boleh ketinggalan. Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1864. Awalnya Kebun Binatang Ragunan berada di daerah Cikini, Jakarta Pusat. Tapi pada tahun 1966, kebun binatang ini pindah ke Ragunan, Pasar Minggu sehingga dinamakan Kebun Binatang Ragunan atau Marga Satwa Ragunan. Kebun Binatang Ragunan memiliki 4040 koleksi satwa yang terdiri dari 295 spesies. Selain dapat melihat aneka satwa, Kebun Binatang Ragunan juga memiliki aneka hiburan lainnya yang bisa kamu nikmati seperti naik gajah, atraksi satwa, naik perahu angsa, dan masih banyak lagi. Tiket masuk Kebun Binatang Ragunan merupakan tiket masuk kebun binatang termurah di Indonesia karena kamu hanya dikenakan Rp 4.000 saja loh. Kebun Binatang Ragunan buka setiap hari mulai dari pukul 07.00-16.00 kecuali hari Senin.

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo (travelinghematnusantara.files.wordpress.com)

Kebun binatang yang terletak di Batu, Malang ini memang sedang naik daun. Batu Secret Zoo terletak di kawasan wisata Batu Jatim Park, tepatnya di Jalan Oro-oro Ombo No. 9, Batu Malang Jawa Timur. Kebun binatang ini berkonsep modern dengan standar internasional sehingga harga tiket masuknya terbilang cukup mahal di banding kebun binatang lainnya yakni Rp 75.000 hari biasa dan Rp 105.000 saat weekend dan tanggal merah. Meski harus merogoh kocek yang cukup dalam, tapi harganya sangat cocok dengan aneka fasilitas yang ditawarkan  sehingga kamu pasti puas deh datang ke sini. Batu Secret Zoo memiliki koleksi sebanyak lebih dari 3000 satwa. Selain melihat aneka ragam satwa, kamu bisa menikmati aneka wahana lainnya seperti safari car, animal show, safari farm, dan masih banyak lagi. Batu Secret Zoo buka setiap harinya mulai pukul 10.00-17.00.

Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia (katalogwisata.com)

Kalau kebun binatang yang satu ini pastinya kamu sudah tahu khan? Taman Safari Indonesia memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dari kebun binatang lainnya di Indonesia yakni satwa-satwanya dibiarkan bebas berkeliaran sesuai habitat aslinya sehingga kamu harus menaiki kendaraan yang tertutup saat ingin berkeliling di kebun binatang ini. Tercatat ada sekitar 2500 koleksi satwa dari belahan dunia yang ada di Taman Safari Indonesia. Tak hanya bisa melihat koleksi satwanya, kamu juga bisa menikmati wahana bus safari, sepeda air, mendayung kano di danau buatan, dan lain sebagainya. Tiket masuk yang dikenakan memang termasuk paling mahal dibanding kebun binatang lainnya yakni sekitar Rp 150.000. Taman Safari Indonesia memiliki dua lokasi, yakni yang terletak di Bogor, tepatnya di Jalan Raya Puncak No. 601, Cisarua-Bogor dan yang satu lagi berada di Desa Satiarjo, Prigen, Pasuruan-Jawa timur. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 09.00-17.00.

Bali Zoo Park

Bali Zoo (balihellotravel.com)

Bali tak hanya terkenal akan wisata pantainya, tapi juga kebun binatangnya. Di Bali ada kebun binatang yakni Bali Zoo Park yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan lokal dan mancanegara. Bali Zoo Park tercatat memiliki koleksi satwa sekitar seribu lebih mulai dari aneka unggas, primata, reptil, mamalia, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang ingin datang ke Bali Zoo Park ini, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam yakni sekitar Rp 110.000. Tapi dengan harga tersebut, kamu akan dibuat puas oleh hiburan-hiburan lainnya yang ada di dalam kebun binatang ini seperti wahana air, petting, naik kuda poni, dan masih banyak lagi. Bali Zoo Park terletak di Jalan Raya Singapadu Banjar Seseh Sukawati, Desa Singapadu, Gianyar-Bali. Juntuk jam bukanya mulai dari pukul 09.00-22.00.

Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo (youtube.com)

Seolah tak mau kalah dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia, Yogyakarta juga punya kebun binatang kece yang tak kalah popularnya dibanding kebun binatang lainnya yakni Gembira Loka Zoo. Kebun binatang ini memiliki ribuan satwa dari seluruh dunia mulai dari mamalia, reptil, serangga, dan masih banyak lagi. Awalnya, Gembira Loka Zoo ini bernama Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta yang kemudian berganti nama dengan Gembira Loka Zoo. Harga tiket masuk yang harus kamu bayar sangat murah kok JBers, yakni Rp 20.000 pada hari biasa dan Rp 25.000 pada saat weekend dan hari libur. Buat kamu yang ingin langsung datang, Gembira Loka Zoo ini terletak di Jalan Kebun Raya No.2, Kotagede-Yogyakarta. Untuk jam bukanya mulai dari jam 07.30-17.30. (jow)