Umumnya kotak kardus digunakan untuk menyimpan barang. Kalaupun dimanfaatkan untuk tujuan lain, paling-paling cuma jadi robot-robotan sederhana atau tenda darurat. Tetapi seniman asal Jepang, Monomi Ohno, melihat potensi lain dari kotak kardus bekas.

Di tangannya, kardus bekas bisa menjadi mainan, atau lebih tepatnya karya seni tiga dimensi yang keren. Mulai dari tank, senapan rifle, mobil, sampai pesawat UFO bisa dia buat. Kerennya lagi, mainan buatannya itu memiliki detail yang sangat mirip seperti aslinya.

Ohno mempelajari keahlian membuat kerajinan kardus saat masih belajar di Osaka University of the Arts. Saat itu ia memutuskan untuk mengambil spesialisasi dalam animasi 3D. Dia lantas menggunakan setumpuk kotak kardus Amazon kosong yang ada di sekitarnya untuk mengasah kemampuan pemodelan 3D-nya, karena untuk mendapatkan perangkat lunak untuk animasi tiga dimensi sangat mahal, dan Monomi yang masih mahasiswa belum mampu membelinya.

Sekarang, Ohno dikenal sebagai seniman kardus, julukan yang mungkin terdengar kurang bergengsi. Tetapi hasil karyanya benar-benar tak bisa diremehkan. Serba detail dan rumit.

Berikut ini karya-karya dari Monomi Ohno, siap-siap untuk tercengang. (tom)