Kebanyakan dari calon mahasiswa perguruan tinggi memilih jurusan idamannya berdasarkan dua faktor: jurusan yang sesuai dengan hobi atau jurusan dengan prospek kerja yang bagus. Kabar gembira buat kamu yang condong dengan faktor kedua, karena kami telah memilih 10 jurusan dengan lulusan bergaji tinggi per tahunnya.

Data ini didapatkan dari survey yang telah dilakukan oleh Looksharp, perusaahan yang memberikan informasi tentang lowongan magang, dan hasil dari survey tersebut kemudian dimuat oleh Forbes.

Dari 22 jurusan yang dimuat oleh Forbes, berikut adalah 10 jurusan teratas dengan lulusan bergaji tinggi yang telah kami pilih.

1.Ilmu Komputer

Tidak dapat dipungkiri bahwa di era digital ini hamper seluruh perusahaan membutuhkan tenaga kerja dari lulusan ilmu komputer. Maka dari itu, lulusan dari jurusan ini berada di peringkat teratas dengan gaji $66.800 atau hampir setara dengan 887 juta rupiah per tahunnya.

2.Teknik

Disusul oleh lulusan dari fakultas teknik dengan gaji $65.000 atau 863 juta per tahun. Fakultas teknik sendiri terdiri dari beberapa jurusan lainnya, seperti teknik perminyakan, teknik sipil, teknik mesin, dan sebagainya. Karena jumlah gaji tersebut merupakan hasil dari rata-rata lulusan di jurusan teknik, maka tidak bisa dipastikan bahwa setiap jurusan teknik memiliki gaji yang sama.

3.Matematika dan Statistik

Selanjutnya adalah lulusan dari matematika dan statistik dengan gaji $60.300 atau 801 juta per tahun. Di Indonesia, jurusan ini lebih dikenal dengan jurusan matematika dan dapat kamu jumpai di universitas-universitas ternama di Indonesia.

4.Ekonomi

Kabar gembira untuk kamu yang saat ini sedang bersekolah di jurusan IPS, karena lulusan ekonomi pun memiliki gaji tinggi yaitu $58.600 atau 778 juta per tahun.

5.Keuangan

Lulusan bidang ini juga memiliki gaji tinggi, yaitu sebesar $58.000 atau 770 juta per tahun. Universitas di Indonesia belum banyak yang membuka jurusan mandiri keuangan, dan biasanya lebih banyak ditawarkan dalam program D3 seperti di Universitas Indonesia.

6.Akuntansi

Sudah menjadi rahasia umum kalau lulusan dari jurusan akuntansi memiliki masa depan yang cerah. Gajinya pun tergolong besar karena lulusan dari jurusan ini digaji sebesar $52.900 atau 702 juta rupiah per tahunnya.

7.Ilmu Keperawatan

Di peringkat tujuh ada ilmu keperawatan dengan gaji $50.600 atau 672 juta rupiah per tahun.

8.Bisnis

Jurusan ini juga dapat ditekuni bagi kamu yang doyan bisnis. Selain gajinya yang besar yaitu sekitar $49.900 atau 663 juta rupiah per tahunnya, kamu juga dapat mempelajari bagaimana merencanakan dan menjalankan sebuah usaha.

9.Kesehatan Masyarakat

Ini juga dapat menjadi opsi lain untuk kamu yang suka dengan bidang kesehatan, karena lulusan ini digaji sebesar $48.300 atau 641 juta rupiah per tahunnya. FYI, jurusan ini berbeda dengan ilmu kedokteran karena selain mempelajari fisik dari tubuh manusia, kita juga akan diajarkan bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik kepada pasien.

10.Arsitektur

Karena jurusan ini berhubungan dengan perencanaan bangunan yang aman bagi manusia, maka lulusannya pun menerima gaji cukup besar yaitu $47.400 atau 629 juta rupiah per tahun.

Perlu diingat bahwa jumlah gaji dari lulusan di atas telah disesuaikan oleh standar hidup di Amerika Serikat. Lulusan di Indonesia bisa jadi memiliki jumlah gaji kurang dari jumlah di atas karena standar hidup di sini pun tidak setinggi di AS. Nah, selamat memilih jurusan! (jow)