Jika Marvel memiliki superhero asal Indonesia bernama Melati Kusuma, DC juga sepertinya tak mau kalah. Superhero DC yang asli Indonesia ini bernama Cascade, atau nama aslinya Sujatmi Sunowaparti. Berikut ini adalah profil dari Cascade, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Sujatmi Sunowaparti alias Cascade sendiri diceritakan sebagai anggota Global Guardian, yaitu kelompok superhero DC yang berasal dari berbagai negara. Sujatmi Sunowaparti merupakan perempuan yang lahir di Pulau Jawa. Ia adalah seorang aktivis lingkungan hidup yang aktif melawan pemerintah lokal yang otoriter. Namun, demi membantu ekonomi keluarga, ia pun bekerja di sebuah pertambangan di Kalimantan.

Cascade dalam komik (Line-scdn)

Ia terpaksa bertahan bekerja di tengah marabahaya lingkungan pabrik. Suatu hari, terjadi pertikaian di lokasi tempatnya bekerja. Sujatmi terjebak di antara baku tembak dan membuatnya tanpa sengaja terkena radiasi Radioactive Isotope dan mendapatkan kekuatan istimewa.

Meski awalnya terlihat seperti gadis biasa, namun dikisahkan jika Sujatmi ini memiliki gen khusus bernama Metagene dalam tubuhnya. Metagene merupakan gen spesial yang hanya terdapat pada beberapa manusia. Gen tersebut bisa berubah menjadi super jika dipicu oleh sesuatu.

Cascade (Vignette4)

Dan rupanya, hal tersebut juga terjadi pada Sujatmi Sunowaparti. Berubahlah gadis muslimah ini jadi sosok superhero yang disebut Cascade. Akhirnya, kekuatan tersebut pun ia gunakan untuk memerangi kerusuhan dan korupsi yang terjadi di Indonesia.

Kemampuan spesial yang dimiliki Cascade sendiri adalah bertransformasi menjadi berbagai elemen air. Ia juga sanggup mengendalikan air untuk berubah menjadi berbagai bentuk.

Ide kemampuan tersebut mungkin karena Indonesia sendiri merupakan negeri maritim. Sosok Martian Manhunter diceritakan sebagai superhero yang pertama kali memperkenalkan Cascade. Kemunculan Cascade sendiri diharapkan bisa membantu tim Global Guardians untuk menjadi lebih kuat.

Ilustrasi Cascade buatan orang Indonesia (Says)

Sebenarnya, tokoh Cascade alias Sujatmi Sunowaparti sendiri sudah diciptakan sejak tahun 1994. Meski tidak terlalu terkenal, namun superhero wanita berambut hitam dengan mata cokelat khas Indonesia ini rupanya cukup sering muncul dalam seri komik DC. Misalnya saja di “Wonder Woman”, “Soverign Seven”, “Justice League Quarterly”, “DC: 52”, “Wonder Woman: Paradise Found”, “Villains United: Infinte Crisis Special”, “Secret Six: Villains United”, sampai “Infinite Crisis Companion”.

Meski kemampuan yang dimiliki Sujatmi Sunowaparti cukup hebat, namun sayangnya dia tak memperoleh banyak slot dalam komik. Hampir semua kemunculannya dalam komik hanya sebagai cameo. Semoga saja ke depannya Cascade bisa menjadi tokoh utama, atau ada tokoh superhero Indonesia lainnya yang bisa lebih beken Cascade. (tom)