Egyptian Papyrus painting

Pelajaran sejarah itu tujuannya supaya kamu belajar dari masa lalu. Tapi, seringkali sejarah sengaja diputarbalikkan oleh orang tertentu untuk tujuan tertentu. Berikut ini adalah beberapa fakta sejarah yang kita ketahui namun hanya mitos belaka, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Walt Disney pencipta Mickey Mouse

Fakta Walt Disney (Brightside)

Walt Disney ternyata bukanlah orang yang pertama kali menggambar Mickey Mouse. Sang tikus itu ternyata pertama kali digambar oleh animator bernama Ub Iwerks.

2. Pelukis Vincent Van Gogh memotong seluruh telinganya

Fakta Vincent Van Gogh (Brightside)

Vincent Van Gogh adalah pelukis terkenal pada masanya. Menurut sejarah, dia dengan sengaja memotong telinganya sendiri dengan silet, dan menjadikan ‘penampilan’ barunya itu ke dalam sebuah lukisan diri. Sejarah itu memang benar, yang keliru adalah Van Gogh tidak memotong semua telinganya, namun hanya bagian cupingnya saja.

3. Napoleon bertubuh pendek

Fakta Napoleon (Brightside)

Napoleon menurut sejarah dikatakan memiliki tubuh yang pendek. Faktanya, tubuh Napoleon tidaklah pendek, karena dia memiliki tubuh setinggi 1,7 meter. Kesalahan ukuran ini diakibatkan pada hitungan Prancis yang berbeda dengan hitungan standar Amerika.

4. Mozart lebih sukses dari Antonio Salieri

Fakta Mozart (Brightside)

Siapa yang tak mengenal Mozart, sang komponis jenius? Menurut beberapa sumber sejarah, Antonio Salieri yang juga merupakan seorang komponis dikatakan iri dengan kesuksesan Mozart. Kenyataannya, Salieri jauh lebih sukses dibandingkan Mozart, karena Salieri merupakan seorang dirigen atau konduktor, yang merupakan pemimpin dari sebuah grup orkestra.

5. Ferdinand Magellan adalah orang pertama yang berhasil mengelilingi dunia

Fakta Ferdinand Magellan (Brightside)

Ferdinand Magellan dikatakan sebagai orang pertama yang mampu mengelilingi dunia. Namun itu cuma mitos. Kenyataannya, Ferdinand Magellan meninggal lebih dulu sata perjalanan mengelilingi dunianya baru berjalan setengah.

6. Cleopatra orang Mesir

Fakta Cleopatra (Brightside)

Seperti yang banyak orang percaya, Cleopatra adalah orang asli Mesir, karena memang dia merupakan Ratu Mesir. Kenyataannya, Cleopatra adalah keturunan Yunani, sehingga dia bukan orang asli Mesir.

7. Einstein kurang berprestasi di sekolah

Fakta Albert Einstein (Brightside)

Beberapa sumber menyatakan bahwa Einstein kurang berprestasi di sekolah meskipun dia berotak jenius. Nyatanya, kejeniusannya itu berhasil membuatnya nomor satu, terutama dalam kelas sains.

8. Thomas Alva Edison penemu lampu bohlam

Fakta Thomas Alva Edison (Brightside)

Kita semua setuju jika penemu lampu bohlam adalah Thomas Alva Edison. Padahal, Edison hanya menemukan cara agar lampu terus menyala. Yang menemukan lampu bohlam aslinya adalah Joseph Wilson Swan.

9. Apel jatuh di kepala Newton saat menyadari hukum gravitasi

Fakta Isaac Newton (Brightside)

Apel tak jatuh tepat di kepala Newton ketika dia akhirnya menyadari hukum gravitasi, melainkan jatuh di dekatnya. (tom)