Batam merupakan salah satu kota yang berada langsung di perbatasan dengan negara tetangga seperti singapura dan malaysia. Tidak heran banyak turis yang datang walaupun hanya untuk transit ataupun keperluan bisnis. Berikut beberapa tips supaya anda tetap merasa aman dan nyaman di batam.

1. Transportasi

Jika anda datang dari bandara internasional hang nadim, ada taxi dengan argo yang dapat mengantar anda ke tempat tujuan. Sekarang sudah tersedia fasilitas bus bandara resmi. Tarifnya hanya 15.000 rupiah dengan dua jurusan. Batuaji dan jodoh. Jika anda ingin naik bus ini, setelah keluar dari gate kedatangan pergilah menuju rumah makan padang disebelah kiri karena disana jugalah dijual tiketnya. Jadwal keberangkatan setiap 1jam sekali. Tidak ada porter yang mengangkut barang anda.

Jadi ketika sudah mau berangkat, naikkan barang anda sendiri dan jagalah hati hati. Kebersihan dan kenyamanan bus sangat memuaskan. Asiknya lagi anda bisa berhenti disepanjang jalan yang diinginkan. Jika di dalam kota, angkutan umum resmi melayani beberapa rute dari mega mall ke batu aji dan mega mall ke sekupang dan hanya berhenti di setiap bus stopnya. Bus ini kondisinya sudah agak tua dan harus sedikit berebutan karena jumlah armada yang masih terbatas.

Tak jarang anda harus berdiri di dalam bus. Tetapi harganya sesuai karena cuma 3000 untuk umum dan 1.500 untuk pelajar. Ada juga sejenis angkot dengan jurusan nongsa jodoh yang berwarna pink, atau batuaji – jodoh berwarna merah. Biasanya tarif 2000 jika dekat dan bisa sampai 15000 kalau jauh. Tidak tertarik juga? cobalah taksi di batam. Di batam anda bisa naik taksi “biasa” tanpa argo dan pak supir taksi tetap akan mencari penumpang lain yang sejalur dengan tujuan anda. Harganya tergantung nego bersama. Jika ingin taksi berargo resmi hubungi silver cab taxi. Selain pilihan diatas, selalu ada tukang ojek yang akan menghampiri anda.

2. Makanan

Segala macam makanan dapat anda jumpai disini. Yang terkenal adalah seafood karena hasil laut yang melimpah. Pastikan anda mencoba ikan, kepiting atau cumi bakar. Selain itu ada satu lagi menu khas yaitu gonggong. Ini semacam siput laut. Dijamin anda akan ketagihan. Selain itu gonggong ini juga banyak dibuat menjadi oleh oleh khas batam seperti gantungan kunci maupun hiasan bunga.Selain seafood ada juga oleh oleh khas batam seperti kue bingka bakar, kek pisang villa maupun buah naga.

3. Cuaca

Batam cukup panas. Pastikan anda menggunakan sunblock atau bahan yang mudah menyerap keringat. Kacamata hitam juga boleh disiapkan.

4. Akomodasi

Batam memiliki variasi penginapan dari yang skala hotel melati (biasanya dapat dijumpai di daerah nagoya) sampai hotel bintang empat atau resort berstandar internasional di daerah nongsa. Tinggal pilih dan sebutkan tujuan anda maka tukang taxi akan mengantarkannya.

5. Berkeliling

Anda bisa menjumpai banyaknya tempat penyewaan mobil di batam. Ini salah satunya (Mas Adi 08127041137). Harganya berkisar 300ribu tergantung kesepakatan. Jika tidak, para supir taxi pun dapat anda sewa untuk menemani anda. Berkisar sekitar 150ribu maka anda sudah dapat supir sekaligus tur guide selama anda dibatam. Anda juga dapat mengikuti paket 1day tur batam yang dijual oleh travel agent

6. Mata Uang

Yup bener batam masih termasuk Indonesia tetapi karena kedekatannya dengan singapura maka beberapa transaksi bisnis dapat dilakukan dengan menggunakan dolar singapura. Tetapi tidak berlaku di supermarket yah. Harus ditempat yang anda bisa tawar menawar. Khususnya barang barang yang dijual adalah dari singapura. Misalnya anda berbelanja pakaian di mal (di butik) mereka masih menerima dolar. Begitu juga dengan peralatan elektronik seperti laptop, handphone etc.  Tetapi jika ternyatamereka menolak dolar yah tidak apa apa juga kan? anda toh pasti punya rupiah.

So, Lets Visit Batam!