Kamu pasti sudah kenal dengan tokoh kartun Spongebob dan keluarga Simpsons. Keduanya, seperti yang kita tahu, merupakan tokoh kartun yang berwarna kuning. Rupanya, pemilihan warna kuning itu bukan tanpa alasan.

Ketika Matt Groening menciptakan “The Simpsons”, dirinya mengaku ingin membuat tokoh kartun yang menonjol, sehingga dirinya memutuskan menggunakan warna-warna cerah. â??Seorang animatorâ??seniman yang menciptakan berbagai ragam gambarâ??datang dengan ide sangat menarik, satu keluarga berwarna kuning terang. Saat melihatnya, saya benar-benar terpukau.â? ujar Groening seperti dikutip dari BBC, Rabu (3/5/2017).

â??Saya ingin meninggalkan kesan pada penonton saat dirinya mengganti saluran televisi dan melihat sekelibatan berwarna kuning, mereka sudah tahu bahwa itu The Simpsons,â? tambah Groening.

Tak cuma “The Simpsons”, kartun lain juga tak sedikit yang menggunakan warna kuning sebagai warna tokohnya, seperti Spongebob atau Tweety. Warna kuning memang identik dengan karakter kartun populer.

Tokoh-tokoh kartun berwarna kuning (Unilad)

Seorang pengguna YouTube, melalui saluran ChannelFrederator menjelaskan dalam unggahannya bahwa warna karakter atau tokoh kartun dibuat berdasarkan teori. Program televisi saat ini kebanyakan menggunakan warna merah-hijau-biru dibanding warna-warna standar seperti merah-kuning-biru. Berdasarkan skala RGB, warna kuning dan biru merupakan warna yang saling melengkapi satu sama lain.

Itulah sebabnya mengapa kuning dan biru begitu sering digunakan bersamaan dalam kartun seperti “Spongebob Squarepants” dan “The Simpsons”. Latar belakang kebanyakan kartun cenderung biru karena mereka berada di luar rumah atau udara terbuka dengan langit biru, jadi masuk akal jika karakternya berwarna kuning.

Psikologi warna adalah alasan lain mengapa warna kuning dipilih untuk beberapa tokoh kartun. Jacob dalam video ChannelFrederator menggunakan contoh karakter dari film animasi “Inside Out”, menyoroti bahwa warna seperti merah dan biru cenderung negatif dan menyebabkan stres mental.

Tapi karakter Joy dalam “Inside Out” yang berwarna kuning, justru paling sering dikaitkan dengan optimisme dan kegembiraan. Jangan lupa, Joy juga memiliki rambut biru, warna yang saling mengisi pada putaran warna terang.

Kuning sering digunakan untuk karakter yang melambangkan kegembiraan dan periang. Contohnya adalah para Minion, yang selalu terlihat seperti tak punya beban hidup.

Alasan yang terakhir adalah warna kuning itu sebenarnya adalah warna yang paling terlihat nyata pada spektrum dan menyebabkan sel kerucut di mata memproses cahaya. Kuning menangkap perhatian kita terlebih dahulu, dan semakin terang semakin baik, itulah mengapa taksi dan tanda peringatan lainnya cenderung berwarna kuning.

Jadi, kini kamu sudah tahu kenapa banyak tokoh kartun yang berwarna kuning. (tom)