Sejarah telah diajarkan sejak anak-anak mengenyam pendidikan formal yang merupakan studi tentang masa lalu, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Sejarah juga dapat mengacu pada bidang akademis yang menggunakan narasi untuk memeriksa dan menganalisis urutan peristiwa masa lalu, dan secara objektif menentukan pola sebab dan akibat. Hal-hal kecil dan mendetail yang dipelajari dalam sejarah mampu membuat orang memandang sesuatu dengan cara berbeda.

Meski demikian, ada pula fakta-fakta mengejutkan dalam sejarah ini yang pasti tak pernah kamu pelajari di bangku sekolah. Hal ini terlihat dari foto-foto yang jarang dipublikasikan.

Salah satu fotonya ada menunjukkan lukisan karya Adolf Hitler. Ya, Hitler memang selama ini dikenal sebagai seorang diktator yang kejam. Meski demikian, rupanya Hitler memiliki bakat seni yang tinggi. Hal ini terlihat dari lukisan karyanya yang indah, tak kalah dibandingkan pelukis profesional.

Ada pula foto para musisi di kapal Titanic yang bermain untuk menghibur penumpang yang ketakutan saat kampal mulai tenggelam. Mereka rela mengorbankan nyawa mereka hanya untuk bisa menghibur para penumpang yang panik. Mereka patut diapresiasi, baik sebagai musisi maupun sebagai pahlawan.

Foto lain memperlihatkan adanya hewan berwujud burung bernama Argentavis. Argentavis bisa jadi merupakan burung terbesar di Bumi, karena memiliki tubuh yang sangat besar, melebihi ukuran manusia dewasa.

Kamu bisa lihat foto-fotonya berikut ini. (tom)