Keren, Film Animasi Buatan Anak SMK Banjarnegara Ini Sukses Mendunia

Film animasi memiliki segmentasi pasar yang cukup luas, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Berbicara mengenai film animasi, tentu yang bisa kamu ingat adalah animasi buatan luar negeri seperti animasi Disney atau Pixar. Tentu dengan kecanggihan teknologi yang jauh lebih maju dibandingkan dengan negara sendiri, mereka mampu mencuri hati para penikmat film animasi.

Meski demikian, bukan berarti animator dalam negeri sepenuhnya kalah dibandingkan animasi luar. Hal ini dibuktikan oleh seorang anak SMK asal Banjarnegara, Jawa Tengah. Dengan segala keterbatasan fasilitas, karyanya mampu menembus channel youtube yang mengkurasi karya 3D animasi Internasional.

Dia adalah Yuditya Afandi, siswa kelas 12 SMK Negeri 2 Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah. Dengan karya film animasi pendekar berjudul “Some Night” yang digarapnya secara mandiri, ia mampu membuktikan kepada dunia bahwa keterbatasan perangkat yang ia alami tak menjadi halangan untuknya dalam membuat karya yang tak kalah bersaing di kancah internasional.

Yuditya Afandi berfoto bersama Supergirl (YouTube)

Seperti yang telah ia tulis dalam blog pribadinya, “Tidak masalah software apa yang kamu gunakan karena yang dicari dalam dunia industry adalah hasil karya kamu, bukan software yang kamu gunakan. Walaupun kamu menggunakan Blender namun kamu mampu menghasilkan sebuah masterpiece yang amazing sudah pasti kamu akan lebih dipilih di industri daripada orang yang menggunakan Maya tapi hanya mampu merender Cube.”

Selain itu dia juga bersyukur karena dengan keterbatasan peralatan yang ia miliki, karyanya bisa dilirik dunia. â??Oh my god This is incredible! Saya berasa mau nangis, ‘Some Night’ baru saja featured di The CGBros! Bagi saya, seorang anak SMK kelas 12 dengan laptop hanya Core i3, RAM hanya 2Gb, VGA hanya AMD Radeon R5, dan sering mengalami crash, ini adalah berita yang sangat menggembirakan,â? ungkapnya dalam akun Facebooknya.

Cahnnel CGBros sendiri adalah sebuah channel yang mengkurasi karya 3D animation, Behind the Scenes/Making of VFX, Motion Graphic Design, Show Reels, dan Gaming. Channel CGBros juga banyak menampilkan karya 3D CGI dari seluruh dunia.

Film pendek berdurasi 57 detik ini mengisahkan tentang seorang gadis yang sedang menonton film di laptop-nya dan seekor lebah besar jatuh di depannya. Walau singkat, namun tingkat kedetilan dari animasi buatan Yuditya ini tak kalah keren dari animasi buatan Disney.

Kamu bisa lihat karya dari Yuditya berikut ini.

(tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Mengenal Para Pejabat Wanita Berprestasi di Indonesia

Selain Badak dan Ikan, Lagu-lagu Barat Ini Juga Sebut Kata Bahasa Indonesia