Media sosial tengah dihebohkan gambar atraksi pesawat TNI AU. Sebab di gambar itu, 6 pesawat yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU bermanuver dan membentuk formasi membentuk lafaz Allah.

Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya menyatakan gambar itu diambil dalam acara Jogja International Air Show (JIAS) 2017 yang digelar di Pantai Depok, Bantul, pada Minggu (30/4) kemarin. Acara tersebut dalam rangka bulan Dirgantara peringatan TNI AU.

Kepulan putih itu diakui TNI AU bukanlah hal yang disengaja. Formasinya sudah dilatihkan, tapi untuk bentuk lafaz Allah, Jemi mengatakan bukan bentuk kesengajaan. “Tidak sengaja, itu mungkin kebesaran Allah, sehingga bisa membentuk tulisan Allah,” jelasnya seperti dikutip dari Detikcom, Kamis (4/5/2017).

Formasi pesawat setelah membentuk lafal Allah di langit (Viva)

Menurut Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan TNI Angkatan Udara Yogyakarta, Mayor Sus Giyanto, foto yang beredar di media sosial itu hasil jepretan kamera dengan sudut atau angle yang tepat. Asap pesawat hasil cross over break sebagai manuver pertama setiap Jupiter tampil itu pun tampak membentuk lafaz Allah. “Asap yang dikeluarkan pesawat saat melakukan manuver cross over break seakan membentuk lafaz Allah,” kata Giyanto.

Para penerbang Jupiter, kata Giyanto, sebenarnya tidak tahu dan tidak sengaja manuver itu menghasilkan formasi asap yang membentuk lafaz Allah. Lagi pula, pada detik momen itu ditangkap kamera, manuver sebetulnya belum sempurna.

“Pengambilan foto bisa dari mana saja namun itu bukan kesengajaan sehingga seperti membuat tulisan berlafaz Allah. Ya, semoga itu mengingatkan kita akan kebesaran Allah,” katanya.

Tim Jupiter menjadi kebanggaan TNI AU. Dengan pesawat jenis KT-1 Wong Bee, tim Jupiter sering tampil dalam berbagai acara. Atraksinya memang begitu atraktif dan mendebarkan. Berbagai manuver diperagakan Tim Aerobatik kebanggaan negeri ini. Seperti manuver membentuk hati, manuver menyilang, manuver olak-alik dan meluncur tegak lurus ke atas dengan mengeluarkan asap di ekornya. Atraksi yang menegangkan menjadi daya tarik tersendiri.

Tak cuma di Indonesia saja, negara lain juga menyajika atraksi serupa, seperti misalnya formasi lingkaran di Austria, formasi asap yang berwarna bendera Italia, formasi roller coaster di Inggris, hingga formasi rantai di Jepang.

Formasi lingkaran di Austria (AFP)
Formasi bendera Italia di Italia (AFP)
Formasi roller coaster di Inggris (AFP)
Formasi rantai di Jepang (AFP)

Berikut ini video detik-detik tim Jupiter membentuk lafal Allah di langit.

(tom)