Karena cerita tentang bajak laut lebih banyak kita temukan di film-film Hollywood saja, banyak yang menyangka bahwa bajak laut hanyalah sekedar cerita fiktif atau cerita rakyat masyarakat pinggiran dulu kala. Sebenarnya tidak juga, karena film-film Hollywood yang menceritakan tentang bajak laut terinspirasi dari kapten-kapten bajak laut yang dulu memang ada. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 kapten bajak laut paling legendaris sepanjang sejarah.

1. Henry Morgan

Henry Morgan (Cincodays)

Kapten bajak laut ini juga dikenal dengan julukan raja para bajak laut atau The King of All Pirates. Henry Morgan adalah kapten bajak laut yang menurut legenda adalah kapten kapal paling kejam, paling brutal, dan tidak kenal belas kasih kepada para korban-korbannya. Namun, ia juga terkenal dengan kecerdasannya yang membuat ia menjadi salah satu kapten bajak laut yang paling ditakuti pada masa keemasannya.

Henry adalah kapten kapal berkebangsaan Wales. Ia tidak sejak muda menjadi bajak laut. Sebelumnya, ia adalah seorang privateer dari Wales. Privateer adalah gelar yang diberikan kepada kapten-kapten kapal perang swasta (bukan milik pemerintah) yang secara resmi diberikan izin untuk beroperasi membantu angkatan laut negara.

2. Bartholomew Roberts

Bartholomew Roberts (Alchetron)

Kapten kapal yang satu ini dikenal dengan julukan â??Great Pirate Robertsâ?? â?? Black Bart. Bartholomew Roberts adalah kapten kapal yang namanya melegenda sebagai bajak laut yang menjelajahi samudera pada awal abad ke-18. Kapal bajak laut Bartholomew Roberts lebih banyak berlayar di perairan Amerika Selatan dan Utara. Bartholomew Roberts dikenal dengan kebenciannya yang besar terhadap para penduduk di pulau Barbados, dan ia mengibarkan bendera hitam sebagai lambang kebenciannya itu. Pada masa-masa yang disebut The Golden Age of Piracy, Bartholomew Roberts adalah salah satu kapten bajak laut yang paling sukses.

Menurut legenda, Bartholomew Roberts telah membajak 470 kapal semasa ia berlayar sebagai kapten bajak laut. Jumlah ini masih lebih banyak dari kapten-kapten bajak laut terkenal lainnya seperti kapten Kidd ataupun kapten Blackbeard. Menurut legendanya, Bartholomew Roberts terbunuh pada sebuah serangan dari kapal bajak laut lain dengan meriam grapeshot (jenis meriam yang menembakkan ratusan peluru perunggu kecil). Jasad Bartholomew Roberts kemudian ditenggelamkan oleh para awak kapalnya dengan dibungkus layar kapal. Kematiannya ini dianggap sebagai akhir dari masa The Golden Age of Piracy.

3. William Kidd

William Kidd (Telegraph)

William Kidd, atau yang lebih dikenal dunia dengan nama Captain Kidd adalah salah satu bajak laut dengan nama besar pada masa The Golden Age of Piracy. Sebelumnya, kapten Kidd adalah pelaut bebas yang dibayar oleh angkatan laut Inggris untuk memburu para bajak laut. Kapal yang dinahkodahi olehnya diberi nama The Adventure Galley, sebuah kapal layar besar yang dilengkapi dengan 80 awak serta puluhan meriam dengan bermacam-macam jenis. Pada sebuah penyergapan di lautan lepas, angkatan laut Inggris menuduh kapten Kidd membajak sebuah kapal. Kapten Kidd yang tidak menanggapi baik tuduhan tersebut, kemudian merubah The Advanture Galley menjadi kapal bajak laut yang brutal.

Kapten Kidd dikenal sebagai bajak laut yang senang menimbun hartanya, lalu menguburkannya di pulau-pulau yang berbeda. Letak harta karun tersebut ia gambarkan dalam bentuk peta kasar tulisan tangannya sendiri. Sepeninggalan kapten Kidd, peta harta karun ini menjadi buruan bajak-bajak laut lainnya.

4. Edward Teach

Edward Teach (CNN)

The Blackbeard adalah julukan yang diberikan kepada Edward Teach. Menurut legenda, ia adalah salah satu bajak laut yang mempunyai paling banyak musuh di lautan lepas. Kapten Edward adalah seorang kapten kapal bajak laut dari Inggris yang beroperasi di laut Hindia dan pantai Timur Amerika pada sekitar abad ke-18. Julukan Blackbeard diberikan kepadanya karena perangainya yang menyeramkan, dengan janggut lebat yang menutupi wajahnya mulai dari pipi hingga dagunya.

Kapal bajak laut yang dinahkodahi oleh kapten Edward diberi nama Anneâ??s Revenge Queen. Dengan kapal ini ia menjadi raja bajak laut di perairan Karibia. Menurut legendanya, kapten Edward adalah bajak laut yang senang membunuh tahanan dan awak-awak di setiap kapal yang ia bajak, bahkan ketika mereka sudah menyerah sepenuhnya.

Kapten Edward digambarkan sebagai seorang kapten yang selalu lengkap membawa senjatanya yang terdiri dari 2 buah pedang panjang, beberapa pasang belati dan 2 pasang pistol.

5. John Rackham

John Rackham (Telegraph)

John Rackham adalah seorang kapten bajak laut dari Inggris yang lebih dikenal dengan julukan Calico Jack. Kapten Jack dikenal sebagai bajak laut pertama kali membuat bendera kapal bajak lautnya dengan gambar sebuah tengkorak dengan dua pedang bersilang di bawahnya, yang kemudian menjadi ikon bajak laut hingga saat ini.

Kapal bajak laut yang dinahkodahi oleh kapten Jack diberi nama Black Pearl. Selain kapten Jack sendiri, ada beberapa awak kapalnya yang juga punya nama besar dalam legenda bajak laut, salah satunya adalah Anne Bonny yang merupakan salah satu dari dua bajak laut wanita paling terkenal pada saat itu.

Kapten Jack dikenal sebagai kapten kapal yang berani dan tidak percaya dengan takhayul-takhayul lautan lepas. Ia adalah salah satu dari sedikit bajak laut yang sukses bolak-balik segitiga Bermuda, bahkan seringkali membajak kapal-kapal dagang besar yang berlayar dekat dari perairan tersebut. Tokoh kapten Jack ini adalah tokoh yang menginspirasi karakter Jack Sparrow dalam film “Pirates of the Caribbean”. (tom)