Bagi pecinta film, terutama penggemar film “Star Wars”, tanggal 4 Mei kemarin diperingati sebagai Hari Star Wars alias Star Wars Day. Alasannya adalah penyebutan tanggal tersebut dalam bahasa Inggris terdengar seperti tagline film “Star Wars”, May the Force be with you, yang diplesetkan jadi May the 4th be with you. Dalam rangka Star Wars Day, berikut ada 5 fakta unik dan menarik dari film “Star Wars” yang mungkin belum kamu tahu, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Bahasa “Star Wars” bisa diterjemahkan di Google Translate

Terjemahan bahasa Star Wars (Google Translate)

Tahun 2015 lalu, Google memberikan kejutan pada para penggemar film “Star Wars”. Mereka merilis fitur penerjemah bahasa Aurebesh, yang digunakan dalam film karya George Lucas itu. Google menggoda para penggemar film tersebut melalui sebuah kicauan di akun Twitter resmi @Google. Di dalamnya juga disematkan foto sebuah aksara dalam bahasa asing.

2. Ada kontes kuat-kuatan nonton “Star Wars”

Star Wars (HAI)

Sebuah jaringan bioskop di AS bernama Alamo Drafthouse, pernah bikin kompetisi kuat-kuatan nonton “Star Wars” dari Episode I-VI untuk 7 orang fans Star Wars yang ‘beruntung’. Sepertinya, ketujuh orang yang beruntung itu akan dipilih dari ribuan fans “Star Wars” yang diberi kesempatan untuk menonton film ini secara maraton selama 16 jam. Terus uniknya lagi masing-masing peserta diberi kesempatan untuk istirahat buang air kecil seminimal mungkin antara pemutaran film. “Kami (Alamo Drafthouse) dikenal sebagai fans berat Star Wars. Lewat ajang ini kami ingin melihat kemampuan seseorang bertahan (dalam menonton film),” ungkap CEO sekaligus Founder Alamo Drafthouse, Tim League.

Bagi pemenang, tim menyiapkan movie pass selama 7 tahun di seluruh jaringan Alamo, sekaligus namanya dicetak di kursi kehormatan Alamo. Hadiah lainnya ada satu set kartu top up “Star Wars” sampai poster khusus.

3. Master Yoda terinspirasi dari hewan asal Indonesia

Master Yoda (HAI)

Banyak yang bilang Yoda terinpirasi dari Einstein. Ada juga yang bilang sebenarnya Yoda adalah gambaran dari pembuatnya, Stuart Freeborn. Tapi faktanya karakter pintar ini mirip dengan hewan asal Indonesia. Hewan itu adalah Tarsiur tarsier atau kera hantu. Mata yang besar serta kepala yang menyerupai Yoda memang dimiliki makhluk ini.

4. Berurusan dengan hukum gara-gara spoiler

Roy (HAI)

Tentunya buat para fans sejati “Star Wars” yang belum nonton harus menghindari banyak spoiler film yang lahir dari tangan George Lucas ini. Sayangnya, seorang pelajar 18 tahun di Montana, Amerika Serikat yang diketahui bernama Arthur Charles Roy tak bisa menghindar dari spoiler tersebut. Gara-gara mengobrol dengan teman Facebooknya tentang “Star Wars: The Force Awakens”, dia jadi tak bisa menahan emosinya karena teman Facebooknya itu membocorkan cerita film ke-7 “Star Wars” ini, dan mengancam temannya itu pakai pistol.

Roy mengirimkan fotonya dengan memegang pistol serta mengancam teman Facebooknya ini dengan mencarinya ke sekolahnya untuk menembaknya. Akhirnya, Roy ditangkap dan dipenjara dengan denda USD 10 ribu atau sekitar Rp 137 juta.

5. Film Star Wars bakal terus ada sampai tahun 2030

Rey dan Han Solo (HAI)

Film yang sangat melegenda di kalangan pencinta seni akting dan perfilman dunia, “Star Wars”, sepertinya tak akan pernah mati. Pasalnya, film yang diciptakan oleh George Lucas pada 1977 dan terus digarap hingga sekarang ini tak bakal berhenti dirilis dalam waktu dekat. Disney menegaskan, “Star Wars” bakal terus bermunculan hingga tahun 2030. Hal ini langsung diutarakan oleh Bob Iger selaku CEO Disney saat ini. Ia menegaskan, mereka memiliki banyak konten dan rencana untuk Star Wars hingga tahun 2030. (tom)