Lelah Bertengkar dengan Pacar (www.cheatsheet.com)

Pertengkaran adalah bumbu dalam sebuah hubungan percintaan. Tak ada satu pun pasangan yang tidak pernah bertengkar meski hanya satu kali. Meski banyak yang mengatakan kalau pertengkaran bisa membuat hubunganmu dengan pacar menjadi lebih dekat, tapi jika intensitas pertengkaran kalian terus bertambah, maka tak menutup kemungkinan jika pada akhirnya kalian berdua akan sama-sama lelah dan ingin mengakhiri hubungan alias putus. Saat kesetiaan dan cinta kalian sedang diuji dengan pertengkaran, cobalah untuk memikirkan lima hal ini sebelum kamu minta putus, yaitu:

1.Kadar Cinta

Kadar Cinta dan Sayang (bustle.com)

Coba ingat-ingat, sudah berapa kali kamu bertengkar dengan pacar lalu pada akhirnya baikan lagi. Jika kamu sudah sama-sama lelah saling bertengkar, kamu bisa mengukur seberapa besar rasa cintamu padanya, begitupula sebaliknya. Jika kalian masih sama-sama cinta, tapi semakin sering bertengkar, kalian berdua bisa sama-sama intropeksi diri dengan mencari apa sumber permasalahan yang selama ini membuat kalian bertengkar. Jika hanya karena masalah sepele atau karena kepribadian hingga prinsip yang berbeda, kalian bisa sama-sama mencari jalan tengah atau jalan keluarnya.

2.Kesiapan Batin

Kesiapan Batin (fanpop.com)

Untuk memutuskan hubungan dengan pacar tentunya bukanlah hal yang mudah. Butuh kesiapan batin yang kuat untuk melepas orang yang dekat denganmu selama ini. Cobalah untuk membayangkan hari-hari di mana kamu nantinya tak akan bisa bersama dengannya lagi, jika batinmu belum siap untuk melepasnya, maka jangan coba-coba untuk meminta putus karena nantinya kamu bisa menyesal dan minta balikan lagi. Jangan sampai ada penyesalan saat kamu memutuskan untuk minta putus ya JBers!

3.Efek dalam Hidup

Efek dalam Hidup Setelah Bertengkar dengan Pacar (wokchicas.com)

Seberapa besar efek pacarmu dalam kehidupan yang kamu jalani selama ini? Banyak pasangan yang menjalani hubungan dalam waktu yang cukup lama sehingga kehadiran masing-masing akan memberikan efek atau dampak pada kehidupan pasangan. Contohnya saja saat kamu sedang mendapatkan suatu masalah, orang yang bisa membuatmu tegar adalah pacar karena hanya dengan mendengar nasihatnya, kamu bisa merasa lega dan kuat untuk menjalani hidup. Sikap rasa bergantung satu sama lain bisa memberikan efek yang sangat berarti dalam hidupmu. Jika sudah seperti ini, kamu harus mempertimbangkan baik-baik ya keputusanmu!

4.Perjuangan Sebelum Mendapatkannya

Perjuangan Saat PDKT (buzzfeed.com)

Banyak pemikiran yang mengatakan kalau jika kamu bisa mendapatkan pacar dengan penuh perjuangan, maka kamu tak akan mudah melepasnya. Hal ini dikarenakan kamu tak ingin usaha dan perjuanganmu berakhir sia-sia dengan mengucap kata putus dengan mudah. Begitupula sebaliknya, kamu harus melihat seberapa besar usaha pacarmu untuk mendapatkan dirimu dulu saat masa PDKT. Jika perjuangannya sanggup menggugah hatimu, maka kamu harus pikirkan lagi keinginannmu untuk putus.

5.Saat Bahagia Bersama

Momen Bahagia Bersama Pacar (i2.wp.com)

Setiap pasangan pasti pernah bertengkar, hanya yang menjadi masalah adalah bagaimana kalian bisa menyikapinya sehingga pertengkaran tersebut tidak mengarah pada kata putus. Saat sedang bertengkar, cobalah untuk memikirkan saat-saat bahagia yang kamu jalani bersama. Pertengkaran kalian hanyalah bumbu dalam hubungan dan menjadi ujian untuk menguji kesetiaan. Siapa tahu dengan mengingat saat-saat bahagia bersama, hatimu akan luluh dan mencoba berbaikan lagi dengannya.

Apapun masalah yang menyebabkan pertengkaran kalian, kamu harus selalu berpikir jernih untuk memutuskan suatu keputusan sehingga kamu tak akan menyesal nantinya. (jow)