Omah Kayu di Malang (piknikasik.com)

Wisata alam Indonesia tak akan pernah ada habisnya kamu kunjungi satu persatu. Mulai dari wisata pantai, gunung, bukit, hingga wisata rumah pohon yang sedang hits di kalangan anak muda. Sesuai dengan namanya, rumah pohon adalah rumah yang berada di atas pohon. Awalnya rumah pohon dikenal sebagai wahana mainan anak-anak, tapi beberapa tahun belakangan, rumah pohon banyak dibuat di beberapa tempat sebagai objek wisata. Alasan membuat rumah pohon sebagai objek wisata adalah karena dari atas ketinggian pohon, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan lokasi wisata setempat serta sejuknya udara. Oleh karena itu, rumah pohon banyak ditemukan di dataran tinggi seperti pegunungan serta bukit. JadiBerita sudah merangkum lima rumah pohon terbaik di tanah air yang asik buat liburan seru, yaitu:

1.Omah Kayu

Omah Kayu Malang (www.wisataterindah.net)

Rumah pohon yang sedang naik daun saat ini adalah Omah Kayu yang ada di Songgokerto, Batu, Malang. Rumah pohon yang ada di Omah Kayu ini terletak di sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 1.340 meter dari atas permukaan laut. Udara dari atas rumah kayu ini sangat bersih dan segar. Kamu juga bisa memandang pemandangan kota Malang yang sangat indah. Rumah pohon di sini dibuat dari kayu pinus yang berkualitas tinggi dengan dilapisi serat kelapa yang menambah kesan natural. Omah Kayu yang buka mulai dari pukul 08.00-16.00 sore ini hanya mematok tiket masuk seharga Rp 5.000 untuk berfoto-foto, tapi jika ingin menginap, kamu akan dikenakan Rp 350.000/ malam untuk satu rumah yang bisa dihuni 2-3 orang.

2.Rumah Pohon Tombo

Rumah Pohon Batang (www.cintapekalongan.com)

Rumah pohon Tombo yang berada di Desa Tombo, Bandar, Batang-Jawa Tengah ini sangat hits untuk dijadikan sebagai spot selfie. Pasalnya pemandangan alam yang ada di sini, indahnya benar-benar bisa menghilangkan penat yang ada dipikiran. Rumah pohon di sini terletak di sebuah pohon besar yang ada di pinggir tebing yang ada di area perbukitan Desa Tombo. Meski berada di pinggir tebing, tapi rumah pohon ini bisa dijamin keamanannya kok JBers, jadi kamu tak perlu takut datang ke sini. Rumah pohon Tombo buka mulai pukul 08.00-17.30 sore dengan harga tiket masuknya yang hanya Rp 3.000 saja.

3.Rumah Pohon Igir Wringin

Rumah Pohon Purbalingga (pastiguna.com)

Igir Wringin merupakan kawasan wisata yang terkenal akan rumah pohonnya. Terletak di Desa Panusupan, Purbalingga-Jawa Tengah, Igir Wringin menawarkan sensasi rumah pohon yang berbeda dari yang lainnya. Rumah pohon yang ada di sini terletak di atas ketinggian 640 meter dari atas permukaan laut. Dari atas rumah pohon ini, kamu bisa melihat indahnya pemandangan kota Purbalingga yang dilatar belakangi oleh Gunung Slamet dari kejauhan sehingga terlihat seperti sebuah lukisan alam yang indah. Untuk dapat menikmati semua pemandangan tersebut, kamu cukup membayar sekitar Rp 5.000. Igir Wringin buka mulai pukul 09.00-17.00 sore.

4.Rumah Pohon Karangasem

Rumah Pohon Karangasem (punapibali.com)

Bali tak hanya terkenal akan pantainya, tapi juga rumah pohonnya. Rumah pohon yang ada di Tulamben, Karangasem-Bali ini memiliki pemandangan cantik yang terlihat 180 derajat. Dari arah barat daya, kamu akan melihat Gunung Agung yang merupakan gunung berapi tertinggi di pulau Bali. Sementara dari arah timur laut, kamu bisa melihat bentangan pantai Amed dan pantai Tulamben yang memiliki warna biru yang menyejukkan. Tak seperti rumah pohon kebanyakan, rumah pohon di sini terbuat dari bambu. Untuk dapat menikmati semua pemandangan dari atas rumah pohon ini, kamu cukup membayar sekitar Rp 10.000. Rumah pohon Karangasem buka mulai pukul 07.00-18.00 sore.

5.Rumah Pohon Curug Ciherang

Curug Ciherang (jadiberita.com)

Tak ingin pergi jauh-jauh di akhir pekan? Kamu bisa datang ke Bogor, tepatnya di Wargajaya, Sukamakmur-Bogor yang memiliki rumah pohon dengan suasana sejuk dan asri yang membuat kamu betah berlama-lama. Rumah pohon di sini berada di dekat kawasan Gunung Gede dan Gunung Salak sehingga udaranya masih sangat segar. Kamu juga bisa mendengar suara gemericik air terjun yang menenangkan pikiran. Untuk dapat naik ke rumah pohon ini kamu tak dikenakan biaya, tapi kamu harus membayar biaya masuk ke Curug Ciherang sekitar sekitar Rp 15.000 saja dengan jam buka mulai dari pukul 07.00-18.00.

Setelah melihat kelima rumah pohon di atas, kira-kira kamu akan memilih untuk datang ke mana nih JBers? (jow)