Jika di negara sendiri, pelajaran bahasa Indonesia dianggap kurang penting. Padahal kenyataannya, banyak orang dari negara lain yang berniat mempelajari bahasa Indonesia. Alasannya adalah bahasa Indonesia memiliki keunggulan, yakni lebih mudah dipelajari ketimbang bahasa populer di dunia, seperti Inggris, Perancis, atau Jerman. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 negara yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai pelajaran wajib.

1. Australia

Australia (HAI)

Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran wajib sekolah dasar di Australia, selain bahasa wajib Bahasa Inggris, di Newport Lakes Primary School (NLPS), Australia. Bahasa Indonesia juga jadi mata kuliah di beberapa kampus Australia.

Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2013, Cepri Maulana mengatakan pada Juli hingga Agustus 2015 dia berkesempatan menjadi guru penutur Bahasa Indonesia di NPLS. Ternyata, di sana bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran wajib.

2. Hongaria

Budapest Business School (HAI)

Budapest Business School (BBS), University of Applied Science, Hongaria, membuka kelas bahasa Indonesia sebagai salah satu kursus bahasa yang dipilih mahasiswanya untuk menyelesaikan studi.

Siaran pers Kedutaan Besar RI di Budapest menyebutkan, Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo, resmi membuka kursus ini pada Selasa 14 Februari lalu. Wening menyampaikan penghargaan kepada BBS yang telah membuka kursus bahasa Indonesia.

BBS sendiri mewajibkan mahasiswanya menguasai dua bahasa asing untuk sarjana dan tiga bahasa asing untuk S-2 sebagai syarat kelulusan dan membantu menyediakan kursus bahasa bagi mahasiswa.

3. Jepang

Tokyo International University (HAI)

Tokyo University of Foreign Studies, Jepang ini memang merupakan kampus khusus untuk mempelajari berbagai macam bahasa. Kampus yang berada di Tokyo, Jepang ini termasuk lima besar kampus bahasa terbaik, dan Bahasa Indonesia masuk di program Kajian Asia Tenggara.

4. Ukraina

Taras Shevchenko National University of Kyiv (EducationBro)

Taras Shevchenko National University of Kyiv adalah kampus tertua ketiga di Ukraina. Kampus ini mengkhususkan diri pada karya literatur dan seni. Bahasa Indonesia pun masuk menjadi salah satu mata kuliah dari program studi di Institute of Philology.

5. Korea Selatan

Hankuk University of Foreign Studies (Fredonia)

Hankuk University of Foreign Studies adalah kampus riset yang terkenal di Korea Selatan. Bahasa Indonesia masuk menjadi mata kuliah di Department Malaysia-Indonesia dan Departement Interpretasi dan Terjemahan Malaysia-Indonesia. (tom)