Di era konten video seperti beberapa tahun belakangan ini seseorang tak perlu susah-susah masuk acara televisi terlebih dahulu untuk membuat acara makan sendiri. Sejumlah vlogger Indonesia bahkan telah mengisi konten channel YouTube mereka dengan kegiatan makan khas acara televisi swasta.

Rupanya kegunaan teknologi ini dimanfaatkan oleh seorang gadis Korea Selatan untuk mendapatkan lebih banyak uang. Jung Sora adalah mantan pramugari yang kini jadi viral berkat video mukbang (eating broadcast) yang dilakukannya di situs tertentu.

Jung Sora (Koreaboo)

Dilansir dari Koreaboo, Selasa (9/5/2017), saat jadi pramugari Korean Air, Jung Sora ‘hanya’ bisa mendapatkan penghasilan USD 2,500 atau sekitar Rp 33 juta per bulan. Namun begitu melepas profesi tersebut dan beralih jadi vlogger, Jung Sora mendapatkan penghasilan lebih dari USD 25 ribu atau sekitar Rp 300 juta sebulan.

Jung Sora (Koreaboo)

Berbeda dengan gadis cantik lain yang memilih untuk jadi beauty vlogger, melalui AfreecaTV Jung Sora mengubah dirinya jadi seorang food vlogger. Awalnya dirinya bercerita tentang pekerjaannya sebagai pramugari tapi lama kelamaan mukbang memberinya lebih banyak pendapatan. Hingga saat ini Jung Sora masih aktif menjadi host videonya sendiri untuk makan besar.

Jung Sora (Koreaboo)

Mengunggah video makan besar tak hanya dilakukan di Korea Selatan. Hal ini juga dilakukan oleh orang Jepang, yaitu Yuka Kinoshita. Channel miliknya kebanyakan berisikan Yuka yang memakan dalam porsi besar. Uniknya, Yuka sendiri tetap terlihat kurus dan tak pernah terlihat gemuk.

Melihat besarnya penghasilan yang diterima oleh pembuat video makan besar, tak heran jika banyak orang Korea Selatan yang beralih menjadi vlogger untuk bisa menjadi kaya. (tom)