Selama ini mungkin kita percaya jika emas adalah batu material dengan harga termahal di dunia. Padahal kenyataannya, ternyata emas bukanlah benda termahal. Emas bahkan tak masuk 10 besar daftar material termahal sedunia dan hanya menempati peringkat ke-16. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 material termahal sedunia.

1. Taaffeite

Taaffeite (NLcafe)

Taaffeite adalah batuan berharga yang menempati posisi ke-5 material termahal sedunia. Batu cantik ini memiliki perpaduan warna ungu, pink, merah dan putih yang sangat indah. Sayangnya batu ini masih kalah populer dengan berlian. Taaffeite memiliki harga USD 20 ribu atau sekitar Rp 265, 5 juta per gram.

2. Senyawa Tritium

Senyawa Tritium (Omofon)

Setelah bebatuan berharga, posisi selanjutnya ditempati oleh senyawa hidrogen, Tritium. Senyawa Hidrogen-3 ini bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai lampu “abadi”. Pada dasarnya, Tritium adalah senyawa Hidrogen yang telah berubah menjadi zat radioaktif secara alami akibat radiasi matahari, sehingga sangat jarang ditemukan di alam. Senyawa Tritium dibanderol dengan harga USD 30 ribu atau Rp 350 juta tiap gram-nya.

3. Berlian

Berlian (OgilvieGems)

Batu paling terkenal dan berharga di Bumi berhasil menempati posisi selanjutnya. Dengan keindahannya, berlian menempati posisi ke-3 sebagai material termahal di dunia. Batu cantik yang disebut-sebut sebagai sahabat wanita ini dibanderol USD 55 ribu atau sekitar Rp 730, 4 juta per gram.

4. Kaliforium

Kaliforium (Travelask)

Posisi benda termahal di dunia ke-2 di tempati oleh Kaliforium. Zat kimia yang sebenarnya berbahaya dan mematikan ini dibanderol dengan harga super mahal dan tak masuk akal yaitu USD 27 juta atau sekitar Rp 331, 8 miliar. Ini adalah salah satu unsur kimia yang paling mahal yang pernah ada.

5. Antimatter

Antimatter (Travelask)

Posisi pertama dalam material paling mahal sedunia ditempati oleh Antimatter. Kalian tentu asing dengan nama materi yang satu ini. Tapi secara teori Antimatter adalah bahan bakar untuk wahana antariksa di masa depan.

Untuk memproduksi satu milligram Antimatter, dibutuhkan biaya miliaran rupiah. Tapi untuk membuat hanya satu gram Antimatter, semua manusia harus bekerja selama satu tahun penuh tanpa istirahat. Pantas saja jika materi ini menjadi yang termahal, dengan harga mencapai USD 6,25 triliun, atau setara dengan Rp 72 kuadriliun (72 ribu triliun). (tom)