Suasana segar hadir dalam Festival Sepakbola Galamedia Cup 1/2017 KU 9-11 tahun yang digelar di Stadion Persib, Jln Ahmad Yani, Bandung, tanggal 6 Mei lalu.  Dalam kejuaraan kali ini hadir sosok wasit cantik yang ikut meramaikan festival. Dia adalah Gita Dewi Mulyani.

Gita mengungkapkan, berprofesi sebagai wasit ternyata berawal dari kecintaannya kepada Persib. Namun ia menyadari, sebagai perempuan tentu tidak bisa menjadi pemain Persib. Hal itulah yang memotivasi dirinya untuk menjadi wasit.

“Alasan saya jadi wasit sebenarnya sepele, karena saya suka Persib. Kalau jadi pemain kan ga mungkin. Kalau jadi wasit saya setidaknya bisa mewasiti Persib di laga uji coba, karena kalau di resmi tidak bisa karena satu domisili,” ujarnya seperti dikutip dari Galamedianewscom, Rabu (10/5/2017).

Gita sudah menjadi wasit sejak Februari 2015. Namun ia terlebih dahulu turun sebagai wasit futsal. Sementara itu untuk di sepakbola, ia baru terjun di September 2015.

“Awal masuk wasit pertamanya saya ikut latihan  di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) PS UPI. Sampai pada Januari 2015 ada penataran wasit futsal level 3 saya ikut penataran tersebut,” beber Gita. “Terus pada September 2015 saya ikutan penataran wasit sepak bola c3,” lanjutnya.

Tentu, selama jadi wasit wanita, ada saja yang nakal menggodanya. Namun, hal itu nyatanya tak membuat risih Gita. “Kalau digodain sama pemain mah Alhamdulillah nggak ada, paling kalau sama penoton ada satu dua. Enggak masalah sih,” ucap Gita.

Apa pun yang dilakukan Gita menjadi satu bukti bahwa sepakbola tidak hanya dinikmati kaum adam. Satu bukti lagi bahwa kecantikan tidak harus selalu jadi model, bintang sinetron, atau pemain film. (tom)