Luar angkasa memang selalu menjadi misteri. Nyatanya, banyak hal-hal ajaib dan tak masuk akal yang pernah terjadi di sana. Para astronot yang bertugas di angkasa luar sering kali menemukan hal-hal tak terduga di sana. Padahal, sejauh mata memandang pemandangan begitu gelap, hampa, dan hanya berisi objek asing.

Setidaknya, melansir Liputan6 dari The Richest, ini 5 hal atau peristiwa aneh yang tidak dapat dijelaskan dengan segala bekal ilmu pengetahuan maupun akal sehat pernah dijumpai oleh astronot kala bertugas. Penasaran?

1. Alunan Musik.

Seorang astonot dalam menjalani misi Apollo 10 yang digagas oleh NASA Amerika Serikat yang tonggak penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan antariksa pernah menemukan hal ganjil. Dalam daftar misi yang harus dilakukan oleh para astronot Apollo 10, melakukan uji coba sejumlah peralatan dan perkakas untuk penjelajahan Bulan. Namun, uji coba itu dilakukan langsung di angkasa luar.
Nah, menariknya saat misi uji coba berlangsung, para astronot yang tengah menguji alat komunikasi mendengar sejumlah suara aneh melalui headphone-nya. Mereka mengaku mendengar suara ‘musik angkasa luar’ menyerupai siulan lewat headphone yang sedang digunakan. Hingga kini, para astronot masih belum mampu menyediakan alasan logis mengenai fenomena itu. Merinding, bukan?

2. Suara Ketukan.

nasa.gov

Sebuah hal cukup membuat bulu kuduk berdiri dialami oleh kosmonot asal China, Yang Liwei. Saat sedang menjalankan misi di luar angkasa dan sendirian di tempat antah berantah tersebut, terdengar suara ketukan di kabin luar stasiun angkasa luar saat ia berada di dalamnya.

Kejadian itu dialami oleh Yang Liwei pada tahun 2003 saat sedang di stasiun angkasa luar yang mengitari orbit Bumi. Keanehan bertambah ketika Yang menyadari bahwa angkasa luar merupakan tempat vakum, sehingga suara tidak dapat melakukan transmisi. Hi, ketukan dari mana, ya?

 

3. Ular.

Dr. Franklin Story Musgrave (Academy of Achievement)
1967: Story Musgrave was selected as a scientist-astronaut by NASA in August, 1967. He completed astronaut academic training and then worked on the design and development of the Skylab Program. He was the backup science-pilot for the first Skylab mission. (Dr. Franklin Story Musgrave (Academy of Achievement)
Ular di angkasa merupakan hal yang dikabarkan ditemui oleh Dr. Franklin Story Musgrave, seorang fisikawan dan astronot kawakan NASA. Kredibilitas dan pengalamannya di kancah penjelajahan angkasa luar jadi suatu kredibilitas tersendiri. Jadi, kecil kemungkinan jika Musgrave berbohong tentang ular di angkasa luar.Musgrave mengklaim bahwa ia melihat ular kosmis terbang mengambang di angkasa luar. Hewan yang logisnya melata di Bumi itu memiliki panjang sekitar 2,4 meter.

Sang astronot kawakan mengatakan bahwa semakin lama ia menghabiskan waktu di kehampaan kosmis, semakin banyak hal aneh yang ia lihat dan alami. Meski belum dapat dipahami, namun Musgrave yakin bahwa hal di luar nalar seperti ular kosmis yang ia temui adalah nyata adanya.

4. Ufo.

foxnews

Ufo hingga saat ini memang masih menjadi misteri. Namun, ada dua astronot yang mengaku menyaksikan penampakan yang diduga UFO. Adalah Edwin ‘Buzz’ Aldrin, manusia kedua yang menjejakkan kaki di Bulan, mengatakan tentang benda misterius yang mengikuti Apollo 11 dalam misi ke Bulan. Menurut pengakuannya, pada satu posisi, bentuknya seperti serangkaian elips. Namun saat dipertajam, itu seperti obyek berbentuk-L.

Pengakuan serupa juga dilontarkan astronot Original Seven atau Astronaut Group 1 NASA, Gordon Cooper yang menjadi pilot dalam misi luar angkasa Project Mercury pada 1963. Cooper mengaku telah melihat UFO pertamanya saat berada di atas Jerman Barat pada tahun 1951. Hingga menghembuskan nafas terakhir, Cooper punya keyakinan bahwa pemerintah AS memang menutupi informasi tentang UFO.

5. Suara Azan.

 

Ramadan 2007 menjadi pengalaman tak terlupakan bagi Sheikh Muszaphar Shukor. Kala itu, ia menjalankan ibadah puasa, salat, membaca Alquran di luar Bumi.  Astronot Malaysia itu menunaikan misi ke angkasa luar pada 10 Oktober 2007, dengan menumpang pesawat luar angkasa Rusia, Soyuz. Ia menaiki Soyuz TMA-11 bersama dua angkasawan lain Yuri Malenchenko (Rusia) dan Peggy Whitson (AS). Di kondisi tanpa bobot, Sheikh Muszaphar melakukan percobaan terkait karakteristik dan perkembangan sel-sel kanker hati dan leukimia, serta kristalisasi berbagai protein dan mikroba pada gravitasi rendah.

Di dalam pesawat yang penuh sesak dengan peralatan dan instrumen, dalam kondisi melayang di udara, Sheikh Muszaphar menjalankan salat 5 waktu, membaca Alquran, dan mengumandangkan takbir. Di tepian langit, Sheikh Muszaphar mengaku menjadi saksi sebuah keajaiban: sayup-sayup terdengar di telinganya, lantunan suara azan. Menakjubkan!