Siapa bilang superhero hanya dimiliki oleh Marvel dan DC saja? Indonesia juga rupanya punya beberapa tokoh superhero, dan cukup populer. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 superhero Indonesia yang tak kalah kuat dibandingkan superhero Marvel dan DC.

1. Si Buta dari Gua Hantu

Berasal dari komik cerita silat, “Si Buta dari Gua Hantu” diangkat menjadi film laga sejak 1970. Dan pada tahun 1993, “Si Buta dari Gua Hantu” ini dijadikan serial, dan cukup populer pada masanya. Sesuai namanya, serial ini mengisahkan tentang pendekar buta dalam membasmi kejahatan. Jika dibandingkan dengan superhero Marvel, maka Si Buta mirip dengan Daredevil, karena sama-sama buta.

2. Wiro Sableng

Kisah “Wiro Sableng” berasal dari novel seri yang ditulis Bastian Tito. Setelah tayang versi film layar lebarnya, tahun 1990-an “Wiro Sableng” tayang di televisi. Pemerannya Herning Sukendero atau lebih dikenal sebagai Ken Ken. Wiro Sableng digambarkan sebagai pria muda yang sedikit gila, namun sebenarnya hal itu hanya pembawaannya saja. Ia mampu mengeluarkan Kapak Maut Naga Geni 212 dari dadanya saat menghadapi musuh kuat. Beberapa jurus Wiro Sableng yang populer di kalangan anak-anak adalah Kunyuk Melempar Buah.

3. Saras 008

“Saras 008” yang mulai tayang tahun 1998 mengisahkan perempuan super yang mendapat kekuatan layaknya kucing. Ceritanya ada perempuan remaja bernama Saraswati. Ia diperankan oleh Sindy Dewiana. Saras adalah perempuan biasa pencinta kucing, kematian kucing yang disayanginya secara misterius memberi Saras kekuatan super dan menjadikannya Saras 008. Jika dibandingkan dengan superhero DC, maka Saras 008 mirip dengan Catwoman.

4. Panji Manusia Milennium

Mengikuti kesuksesan “Saras 008”, dibuatlah sinetron manusia super modern “Panji Manusia Millenium”. Sinetron ini tayang pertama kali pada 1999, dengan tokoh Panji diperankan aktor populer Primus Yustisio. Panji memiliki kekuatan super layaknya Superman. Ia harus menjalani dua kepribadian, sebagai Panji dirinya bekerja di sebuah panti asuhan, sedangkan jika ada kejahatan Panji harus berubah menjadi Manusia Millenium.

5. Bima Satria Garuda

Jika di Jepang ada Ksatria Baja Hitam, maka di Indonesia ada Bima Satria Garuda. “Bima Satria Garuda” dibuat dengan formula yang sama dengan “Ksatria Baja Hitam”, yang aslinya termasuk ke dalam salah satu “Kamen Rider”. Serial ini pertama tayang pada tahun 2013, dan memiliki dua season ditambah dengan versi layar lebarnya yang tayang belum lama ini. (tom)