Tiap-tiap negara pasti memiliki seorang pemimpin. Hadirnya seorang pemimpin telah banyak membawa perubahan melalui kualitasnya.Tak heran hingga kini ada beberapa pemimpin yang dikenang sepanjang masa. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 pemimpun dunia paling berpengaruh sepanjang sejarah.

1. George Washington

George Washington (Phactual)

George Washington bakal selalu dikenang sebagai bapak pendiri Amerika Serikat. Dia adalah pemimpun revolusi Amerika dan selama beberapa tahun melayani penduduk Amerika sebagai presiden pertama. Dia dikenal sebagai seorang pemimpin yang komitmen dan mampu mengambil keputusan pada masa-masa sulit.

2. Adolf Hitler

Adolf Hitler (Sarpoosh)

Meski termasuk ke dalam pemimpin diktator, tak bisa dipungkiri bahwa Hitler yang merupakan pemimpin Partai Nazi Jerman menginspirasi banyak orang. Hitler memang termasuk ke dalam salah satu pemimpin terbesar, namun tindakannya dinilai keliru. Propaganda dan strategi yang dijalankannya membuat politik modern menjadi menarik.

3. Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte (Haikudeck)

Napoleon Bonaparte adalah seorang pemimpin militer Prancis dari tahun 1804 hingga 1815. Dia termasuk ke dalam seorang pemimpin militer dan politik terbaik selama bertahun-tahun. Selama pemerintahannya, Napoleon menyusun “Undang-undang Napoleon”, yang dianggap sebagai undang-undang sipil pertama yang berhasil dan sangat memengaruhi perundang-undangan di banyak negara, termasuk di Indonesia.

4. Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi (Huffingtonpost)

Mahatma Gandhi terkenal sebagai Bapak Bangsa atau Bapu India. Mohandas Gandhi atau Mahatma Gadhi berlatih Ahinsa atau perjuangan non-kekerasan. Melalui pembangkangan sipil dan aksi boikot barang asing, Gandhi menunjukkan konsistensi perlawanan terhadap Inggris guna mencapai tujuan kemerdekaan India tanpa perlu adanya korban jiwa.

5. Mao Zedong

Mao Zedong (Marathipizza)

Mao Zedong adalah pemimpin Revolusi Tiongkok sekaligus pendiri Republik Rakyat Tiongkok. Dia juga merupakan pemimpin dari Partai Komunis Tiongkok. Meski banyak orang yang menderita di bawah kepemimpinannya karena kekejamannya, tak bisa dipungkiri bahwa berkat dirinya ekonomi Tiongkok bisa diperhitungkan dunia hingga saat ini. Strategi dan prinsip kepemimpinannya dikenal sebagai Maoisme. (tom)