Kampung Pelangi di Jawa Tengah kini jadi pusat perhatian dunia. Media-media internasional memberitakan pesona Kampung Pelangi yang terletak di Kampung Wonosari di Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Banyak yang kagum atas keindahan kampung yang awalnya permukiman kumuh di pinggir kali ini.

Kampung Pelangi Semarang kini jadi pembicaraan oleh banyak orang karena keindahan warna warni kampungnya. Tak cuma media lokal, bahkan media asing pun ramai-ramai memberitakan kampung pelangi ini, seperti misalnya situs Boredpanda.

Kampung kumuh di selatan Semarang kini berubah nasib, mulai dari wujud hingga nasibnya. Kampung Pelangi kini sukses mendunia. Adalah Slamet Widodo, seorang kepala sekolah yang menginisasi kampung bantaran sungai ini menjadi berwarna warni seperti ini. Sebuah inspirasi yang ia temukan dari beberapa kampung bantaran sungai seperti Code di Jogja atau Jodipan di Malang.

Sebanyak 232 rumah telah diwarnai dengan cat warna warni dan dengan seni mural yang unik. Aktivitas kreatif ini didukung penuh oleh pemerintah. Walikota Semarang Hendrar Priyadi bahkan ikut turun langsung mengecat rumah. Untuk bisa mengecat seluruh rumah dan dinding di kampung ini, pemerintah memberikan dana sebesar kurang lebih Rp 300 juta.

Seperti apa suasana warna-warni dari Kampung Pelangi? Berikut ini foto-fotonya. (tom)