Muh Syahrisal Mansyur (32), warga Desa Bojo, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru sontak menjadi perbincangan. Hal ini karena Rijal sapaan akrabnya mempersunting bule asal Swedia, Sophia Yvonne Tedestam (36).

Menurut paman Rijal, Abdilla, keponakannya tersebut memang pacaran dengan bule yang masih memegang kewarganegaraan Swedia ini. “Mereka pacaran setahun dan sudah tiga kali ke Barru sebelum memutuskan menikah,” ungkapnya seperti dikutip dari Tribunnewscom, Selasa (16/5/2017).

Rijal Mansyur dan Sophia (Tribunnews)

Hal lain yang bikin baper, gadis Swedia ini mengikuti kepercayaan suaminya. Ia pun mantap dan resmi menjadi Mualaf pada April 2017 lalu. “April Sophia muallaf,” ujar Abdillah.

Rijal Mansyur mempersunting Sophia dan melangsungkan pernikahan dengan adat Bugis Makassar di Rumah Makan Seruni, Jalan Lojia, Desa Bojo.

Rijal Mansyur dan Sophia (Pojoksatu)

Menikahi bule, ternyata Rijal tidak perlu harus merogoh kocek dalam-dalam seperti yang lazim ketika menikahi perempuan Bugis Makassar. Tak perlu uang miliaran, Rijal hanya bermodalkan seperangkat alat salat untuk mempersunting bule. “Maharnya seperangkat alat salat,” ungkap Abdillah.

Muh Syahrisal Mansyur dan Sophia Yvonne Tedestam sudah saling kenal sejak tiga tahun lalu. Sejoli ini dipertemukan dalam dunia pekerjaannya di Makassar. Sophia selaku instruktur diving dan Rijal seorang divemaster. Divemaster adalah level awal untuk semua penyelam profesional maupun penyelam rekreasi.

Rijal Mansyur dan Sophia (Tribunnews)

Mereka sudah berpacaran selama setahun untuk saling kenal sebelum akhirnya memutuskan menikah. Setahun menjalin hubungan, cukup banyak kenangan yang mereka lalui dan diabadikan melalu foto. (tom)