Tips Mendapat No Kursi Pesawat Sesuai yang Diinginkan

Tips Mendapat No Kursi Pesawat Sesuai yang Diinginkan

Sudah dua tahun ini saya tinggal berjauhan dari keluarga. Tuntutan pekerjaan dan lokasi perusahaan tempat saya nyari sekarung berlian plus berjuta suap nasi yang tersebar seantereo negeri Indonesia raya ini, memaksa saya untuk minimal sekali dalam satu bulan berpergian menggunakan pesawat udara ( kalo punya helicopter pribadi, saya ga akan nulis artikel ini ).

Dalam setiap penerbangan, biasanya saya pasti sudah dalam kondisi tubuh lelah dan pengen merem secepatnya. Maka apapun kondisinya minum the botol sosro, eh salah ding maksud saya apapun keadaannya saya bakal minta kursi deket jendela biar tenang  ga perlu diganggu orang yang lalu lalang mau buang hajat.

Selain disamping jendela, saya juga suka banget duduk di deretan kursi depan. Pertama supaya cepet nyampe  ( saya gak pernah bawa bagasi, jadi bisa langsung ngacir ). Kedua agar tidak perlu berdesak-desakan kalau mau keluar pesawat Singa Terbang merupakan armada pilihan saya, bukan karena pelayanannya, namun karena jadwalnya yang ada dari pagi hingga malam hari.

Biasanya , kalau kita Checkin di counter, mau datang satu jam , dua jam atau setengah jam sebelum keberangkatan, selalu dapat no kursi bagian belakang. Terkadang saya ngotot ingin dapat kursi di depan, , namun alasan petugas pasti kursi di depan telah penuh, padahal saya termamsuk check in di awal.

Setelah beberapa kali penerbangan, saya tahu cara menyiasatinya. Namun ini hanya berlaku di bandara Soekarno Hatta ya

  1. Check-in saja di sembarang counter, terima saja berapapun no kursi yang diberikan kepada anda. Syukur-syukur kalau dapat sesuai yang diinginkan, kalau tidak dapat, tidak perlu ngotot, ga perlu sampai nangis guling-guling percuma saja, jawabannya pasti “ tinggal itu kursi yang tersedia”

  1. Setelah itu langsung saja cari counter terujung sebelum conter pembayaran boarding pass ( biasanya counter 25 sd, 27). Atau kalau anda ragu, tanyakan ke petugas dimana counter Helpdesk nya.

  1. Nah disitu anda bisa minta tukar no kursi yang sudah diperoleh tadi dengan yang kita inginkan. Tidak banyak penumpang yang mengetahui fungsi counter no 27 ini ( Terminal 1B), kebanyakan hanya tahu kalau counter ini hanya untuk pengaduan kalau terlambat atau complain. Dengan cara ini saya selalu dapat kursi no 1 sd 5 dan disamping jendela ( yippie yee yippie yoo )

Ada lagi cara yang paling ampuh, cari kenalan di setiap bandara, kalau bisa kenalan yang berlainan jenis  ( kelaminnya maksud saya bukan spesiesnya). Nah kalau sudah punya kenalan, bina hubungan dengan baik ( tapi gak perlu sampai lamaran la). Setelah itu, setiap mau pergi hubungi aja kenalannya itu, sms-in kode booking kita, minta di check-in  sekalian.

Cara ini lebih ampuh dari cara yang pertama. Disamping menghindari kemungkinan terlambat check-in , kalau ada apa-apa juga jadi gampang. Oke, sekian dulu tip-tipsnya. Have a nice trip.

Apa Komentarmu?