Lagu memiliki kekuatan untuk membangkitkan kenangan seseorang. Bukan hanya orang awam saja yang mengalami flashback pada kenangan di masa tertentu, para ilmuwan pun juga bisa merasakan hal yang sama. Sampai mereka akhirnya merumuskan peringkat lagu-lagu legendaris yang memiliki nilai dan kisah tersendiri. Berikut adalah 5 lagu legendaris sepanjang masa menurut versi ilmuwan, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Nirvana – Smells Like Teen Spirit

Lagu ini menceritakan kisah Kurt Cobain, sang vokalis sekaligus gitaris Nirvana, yang baru saja putus cinta dari kekasihnya. Sang mantan hobi menggunakan parfum dengan merek Teen Spirit dan itu mengingatkan Kurt padanya, sehingga ia menciptakan lagu dengan jugul “Smells Like Teen Spirit”.

2. John Lennon – Imagine

Lagu ini menceritakan ajakan seorang John Lennon untuk membayangkan kehidupan yang damai, tidak ada perpecahan seperti yang banyak kita alami dan rasakan sekarang dikarenakan perang atau bahkan hal-hal kecil seperti agama dan kepercayaan.

3. Queen – Bohemian Rhapsody

Sebagai salah satu everlasting band, Queen memberikan kesan lewat lagu-lagu yang mereka bawakan, salah satunya adalah “Bohemian Rhapsody” yang bukan hanya masih dinyanyikan banyak penyanyi masa kini, tetapi juga dibuat dalam versi berbeda, misalnya seperti versi orkestra.

4. The Beaatles – Hey Jude

Lagu-lagu The Beatles memang tidak pernah mati. Selain “Yesterday”, tembang lain seperti “Hey Jude” juga banyak dikenang oleh para penggemarnya. Lagu yang awalnya hendak diberi judul “Hey Jules” ini mengisahkan tentang putra John Lennon bernama Jullian ketika ia merencanakan perceraian. Uniknya, lagu ini justru dibuat oleh Paul McCartney yang justru bisa lebih dekat dengan Jullian dibandingkan dengan John Lennon sendiri.

5. Guns N’ Roses – Sweet Child O’ Mine

Lagu milik Guns N’ Roses ini relatif legendaris dengan makna yang sampai saat ini masih menjadi misteri. Menurut kabar yang beredar, Guns N’ Roses sengaja membiarkan pendengarnya menerka sendiri makna dari lagu satu ini. (tom)