Jadi Jomblo Saat Puasa (www.molto.co.id)

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, bagi kamu umat muslim tentunya sudah menanti-nanti bulan penuh berkah yang datangnya hanya satu tahun sekali ini. Saat bulan Ramadhan yang sangat suci, kamu wajib menjalankan ibadah-ibadah agar bisa mendapat pahala sebanyak mungkin seperti berpuasa selama sebulan penuh. Meski sama-sama mencari pahala, tapi tentunya ada perbedaan saat kamu menjalani puasa dengan status jomblo dan punya pacar. Masa iya berbeda? Mari kita lihat perbedaanya di bawah ini ya JBers!

1.Bangun Sahur

Bangun Sahur (www.timesofmalta.com)

Bagi orang yang punya pacar, membangunkan pasangannya saat sahur adalah kewajiban. Kamu dan dia akan saling mengingatkan untuk tak lupa bersantap sahur. Semangat darinya untuk bangun sahur pun bisa menjadi semangatmu. Lain halnya dengan para jomblo yang harus bangun sendiri saat sahur dan menyemangati diri sendiri untuk semangat sahur jika tak ingin lemas seharian.

2.Menahan Godaan

Menahan Godaan (picdn.net)

Tak selamanya jadi jomblo itu merugi karena tak punya pacar. Meski saat sahur tak ada yang membangunkan, tapi saat sedang berpuasa, para jomblo sudah jelas memiliki godaan yang lebih sedikit dibanding orang yang punya pacar. Coba saja bayangkan saat kamu punya pacar di bulan Ramadhan, kamu harus menghalau segala macam nafsu, mulai dari bersentuhan secara fisik hingga menjaga pikiran agar tetap bersih.

3.Ngabuburit

Ngabuburit Jomblo (hijaberscommunity.blogspot.co.id)

Ngabuburit adalah istilah menunggu waktu berbuka yang bisa diisi dengan melakukan berbagai macam aktivitas. Saat jomblo, ngabuburit bersama dengan teman-teman adalah salah satu pilihan yang biasa dilakukan. Namun saat memiliki pacar, ngabuburit bisa dilakukan dengan jalan-jalan ke mall atau naik kendaraan berdua menyusuri jalanan sambil menunggu waktu berbuka.

4.Buka Puasa

Buka Puasa Bersama (www.brandeis.edu)

Berbuka puasa dengan pacar tentunya menjadi moment yang membahagiakan. Apalagi jika berbuka puasanya di rumah pacar dan dilakukan bersama dengan keluarga pacar. Saat bulan Ramadhan biasanya menjadi waktu yang tepat untuk mengenalkan pacar kepada keluarga, terutama orang tua. Lain halnya dengan para jomblo yang kebanyakan berbuka puasa dengan teman-teman. Orang yang jomblo lebih sering datang ke acara buka puasa yang merangkap reunian.

5.Beribadah

Membaca Al-Quran (islamicmultimedia.blogspot.co.id)

Kalau yang satu ini sudah jelas terasa perbedaannya. Orang yang jomblo akan lebih khusyuk untuk beribadah karena mereka tak mengalami banyak gangguan dan cobaan. Mereka bisa mengaji dan melakukan kegiatan sosial sesuka hati tanpa perlu izin kepada siapapun. Lain halnya dengan orang yang punya pacar. Mereka harus dengan pintar-pintar membagi waktu untuk beribadah karena mereka juga pastinya ingin menghabiskan waktu bersama dengan pacar untuk ngabuburit dan buka bersama.

Baik itu jomblo maupun punya pacar, masing-masing pastinya punya kelebihan dan kekurangan saat sedang menjalani puasa. Jadi kamu harus pintar-pintar mengaturnya agar tetap mendapat pahala yang banyak saat bulan Ramadhan. (jow)