Secara ideal, kerja sampingan merupakan sesuatu yang dapat anda nikmati. Dengan begitu, anda akan merasa sedang bermain dan tidak merasa terbebani. Walaupun begitu, tentu saja kerja sampingan harus juga menghasilkan pemasukan untuk anda. Memilih kerja sampingan gampang-gampang susah. Mungkin saja kerja sampingan yang cocok dengan Anda adalah sesuatu yang tidak pernah terpikirkan namun bisa juga sesuatu yang sudah ada didepan mata Anda. Kombinasikan apa kemampuan dan hobi yang anda miliki sehingga hatipun merasa senang mengerjakannya. Perhatikan hal-ha berikut untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

1. Putuskan apa yang anda senangi

Mencari Kerja Sampingan
Mencari Kerja Sampingan

Apa anda memiliki hobi yang sering anda lakukan? Banyak hobi yang sebenarnya sudah layak untuk menjadi kesempatan baru alternatif pekerjaan. Tergantung bagaimana Anda mengasah hobi tersebut sehingga menghasilkan sesuatu yang menarik dan dapat dijual. Salah satunya seperti hobi menghasilkan kerajinan tangan. Anda bisa mempromosikan barang-barang Anda secara online dan mendapatkan feedback dari yang melihatnya.

2. Manajemen Waktu

Manajemen Waktu
Manajemen Waktu

Berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk mengerjakan pekerjaan sampingan? Pastikan bahwa waktu senggang yang Anda pakai untuk melakukan pekerjaan sampingan terbayarkan dengan baik. Pikirkan apakah pekerjaan sampingan Anda hanya dilakukan pada akhir minggu atau apakah Anda mempunyai waktu untuk melakukannya sepanjang minggu.

3. Pertimbangkan Keluarga

Pertimbangkan Keluarga
Pertimbangkan Keluarga

Hal terpenting yang harus diingat adalah melakukan pekerjaan sampingan akan menguras waktu yang seharusnya Anda habiskan bersama keluarga. Apabila pekerjaan sampingan benar-benar menyebabkan Anda tidak bisa berkumpul seperti biasa dengan keluarga, ajak dan mintalah pendapat keluarga Anda.

4. Pilihlah pekerjaan sampingan yang dapat penyesuaikan dengan pekerjaan utama

Be Flexible
Be Flexible

Fleksibilitas adalah kunci utama untuk menjaga pekerjaan Anda baik untuk pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan. Dapatkah Anda memastikan pekerjaan utama Anda dapat selesai pada waktunya sehingga Anda bisa langsung mengerjakan pekerjaan sampingan Anda. Jika tidak, jangan buru-buru langsung memperketat jadwal kerja Anda melainkan pilihlah pekerjaan sampingan yang dapat fleksibel dilakukan setelah selesai melakukan pekerjaan utama.

Sudahkah mempunyai ide? Jika belum dalami apa saja yang telah pernah Anda lakukan.

  1. Anda mungkin saja sudah melakukan sesuatu hal yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan. Jadi perhatikan apa saja yang telah Anda lakukan selama ini dan adakah kegiatan yang menjadi favorit Anda.  Contohnya, apakah anda senang menyiapkan makanan untuk keluarga. Jika senang, maka dapat memulai membuka catering kecil-kecilan sambil menyelipkan masakan-masakan unik keahlian Anda.
  2. Kemampuan  bermusik dapat mendatangkan uang. Menjadi pelatih kursus gitar atau piano untuk anak-anak dapat dilakukan. Selain itu mengajar privat pelajaran tambahan juga memiliki waktu yang lebih fleksibel dan biasanya dilakukan sore maupun malam hari sesudah Anda kerja.
  3. Memiliki kemampuan mendesain atau mengatur furnitur rumah adalah peluang lain yang dapat dimanfaatkan. Penghasilan ini akan semakin menjanjikan jika Anda mampu bekerja sama dalam suatu proyek bisnis ataupun bekerja untuk orang lain mengatur layout rumahnya.
  4. Anda memiliki cita rasa berbusana bagus atau menemukan barang maupun buku yang langka? Ini merupakan salah satu peluang yang bagus. Selain Anda bisa memark-up harganya sesuai dengan kemampuan pembeli tidak sedikit juga pendapatan yang didapat.
  5. Analisis diri sendiri menggunakan metode SWOT yakni Strengh (Kekuatan) Weakness (Kelemahan) Opportunity (Kesempatan) dan Threat (Ancaman), dengan begitu mudah bagi Anda dapat mereview apa yang menjadi kekuatan yang harus ditonjolkan dan kekurangan yang harus diperbaiki. Yang terakhir adalah lakukan tindakan nyata. Jika ingin memulai suatu bisnis maupun bekerja sendiri yang harus dilakukan adalah membuat rencana bisnis untuk diri Anda. Targetkan sesuatu yang harus dicapai dan bagaimana langkah-langkah mencapainya.