Bagi penikmat film, pasti sering mendengar beberapa istilah yang sering disebut. Namun tak sedikit yang mengetahui maksud dari istilah tersebut. Yang paling sering tertukar adalah istilah box office dan blockbuster.

Meski sama-sama mengacu pada kepopuleran sebuah film, namun keduanya memiliki sedikit perbedaan. Berikut ini perbedaannya seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Pertama mari kita bahas tentang box office. Box office awalnya mengacu pada tempat penjualan tiket yang berbentuk kotak, karena pada zaman dulu semua tempat penjualan tiket bioskop tidak seperti sekarang yang berupa counter.

Box office (Pinterest)

Dari situ, entah siapa yang memulainya, lama-lama box office kemudian menjadi istilah dalam dunia perfilman. Box office bisa dikatakan sebagai label dari film yang penghasilannya sudah melebihi biaya produksi. Dan penghasilan ini biasanya dihitung dari beberapa hari saja semenjak filmnya pertama kali rilis di bioskop.

Setelah dimengerti tentang box office, kini kita beralih ke blockbuster. Mirip seperti box office, blockbuster juga merupakan istilah yang mengacu pada kesuksesan sebuah film, hanya saja dalam skala lebih besar.

Dengan kata lain, box office mengacu pada penjualan tiket yang tinggi, sementara blockbuster merupakan deretan film yang sudah menuai kesuksesan besar, baik itu dari penjualan tiket, pendapatan global, atau dari kepopulerannya.

Adegan film Titanic (Bacatulisan)

Contoh dari film blockbuster adalah “Titanic”, “Star Wars”, atau “The Lord of the Rings”, yang memang sudah terkenal dan mendunia selain mendatangkan keuntungan ke pihak produsen. (tom)