Masjid Agung Tuban (www.kanalpost.com)

Bagi para traveler, berwisata saat bulan Ramadhan tidaklah menjadi masalah. Hasrat untuk berwisata tak pernah surut meski harus menjalankan ibadah puasa seharian. Tapi tentunya wisata yang dilakukan bukanlah wisata berat seperti naik gunung, arung jeram, dan lain sebagainya. Wisata yang dilakukan adalah wisata religi. Jadi kamu bisa beribadah sekaligus berwisata alias jalan-jalan. Salah satu contoh wisata religi adalah mengunjungi masjid. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena Indonesia juga punya banyak masjid indah nan elok yang bisa membuat kamu takjub akan keindahan arsitekturnya seperti masjid-masjid yang ada di bawah ini!

1.Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah (simas.kemenag.go.id)

Masjid paling indah yang memiliki arsitektur menawan adalah Masjid Agung Jawa Tengah yang ada di Semarang. Masjid ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 20016. Saat memasuki area masjid, kamu pasti akan dibuat takjub karena bangunannannya ini memiliki gaya arsitektural campuran Jawa, Islam, dan pastinya Romawi. Pada bagian depan ada 25 pilar bergaya koloseum Athena yang berhias kaligrafi yang menyimbolkan 25 Nabi dan Rasul. Sementara pada bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa. Di sini juga ada wisma penginapan untuk para peziarah yang ingin bermalam.

2.Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban (www.kanalpost.com)

Dari segi tampilan luarnya, bangunan masjid ini tampak seperti istana yang ada di negeri dongeng karena warna-warni cerahnya. Masjid Agung Tuban terletak di Kelurahan Kutarejo, Tuban, Jawa Timur. Masjid yang sudah dibangun sejak tahun 1894 ini memiliki konsep bangunan yang mirip dengan istana 1001 malam sehingga tak heran jika masjid ini dijuluki sebagai istana muslim di Tuban. Ornamen-ornamen masjid ini sangat menarik dengan kubah besar berwarna biru dan kuning cerah. Sementara pada bagian dalamnya terdapat ukiran arsitektur khas Jawa klasik.

3.Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Samarinda (bujangmasjid.blogspot.co.id)

Beralih ke Kalimantan Timur, ada Masjid Islamic Center Samarinda yang terletak di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda. Masjid ini adalah masjid terbesar kedua se-Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Masjid Islamic Center Samarinda memiliki luas bangunan utama sekitar 43.500 meter persegi dengan menara utama yang memiliki tinggi 99 meter. Dari luar masjid ini mirip dengan bangunan-bangunan yang ada di Eropa. Konon, masjid ini terilhami dari Masjid Haghia Sophia yang ada di Istanbul, Turki. Masjid ini terletak dekat dengan sungai Mahakam sehingga saat kamu bisa memandangi keindahan sungai Mahakam dari masjid.

4.Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri

Masjid Kubah Mas Depok (ib-id.blogspot.co.id)

Bagi warga Jabodetabek pastinya sudah tahu Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri atau yang lebih sering dijuluki dengan nama Masjid Kubah Mas karena masjid ini memiliki kubah yang dilapisi mas setebal 2-3 mm. Masjid Kubah Mas yang memiliki arsitektural Timur Tengah ini terletak di Jalan Meruyung Raya, Kecamatan Limo, Depok. Masid Kubah Mas diresmikan dan dibuka untuk umum sejak tahun 2006. Luas bangunan masjid sekitar 50 ha dan dapat menampung sekitar 20.000 jemaah. Bangunan Masjid Kubah Mas terdiri dari 1 kubah utama dan 4 kubah kecil. Sementara pada bagian dalamnya terdapat lampu kristal seberat 8 ton yang didatangkan langsung dari Italia.

5.Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Aceh (islamicmosque.files.wordpress.com)

Terakhir ada Masjid Raya Baiturrahman yang berada di pusat kota Aceh. Masjid ini merupakan masjid yang sangat bersejarah di Indonesia karena dibangun pertama kali pada era Kesultanan Aceh pada tahun 1022 H/ 1612 Masehi oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Pada tahun 1873 masjid ini dibakar oleh Belanda namun dibangun kembali pada tahun 1879-1881. Masjid Raya Baiturrahman memiliki arsitektural mirip Taj Mahal karena arsitekturnya yang bernama De Brunchi sengaja mengadaptasi gaya Moghul (India). Pada tahun 1936, masjid ini mengalami perluasan. Di tahun 2006, masjid sempat mengalami kerusakan dan baru selesai direnovasi pada tahun 2008. Terakhir, masjid ini direnovasi kembali dengan menambahkan payung elektrik seperti yang ada di Mekkah dan Madinah.

Kelima masjid di atas indah-indah bukan? Di antara kelimanya, kamu ingin mendatangi yang mana selama bulan Ramadhan ini? (jow)