Jomblo Ngabuburit (huffpost.com)

Istilah ngabuburit selalu identik dengan menunggu waktu berbuka puasa. Ngabuburit aslinya berasal dari bahasa Sunda â??buritâ?? yang berarti waktu menjelang sore hari. Oleh karena itu banyak digunakan oleh orang Indonesia sebagai istilah untuk menunggu atau menghabiskan waktu di sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa atau adzan maghrib. Saat ngabuburit adalah saat yang menyenangkan karena kamu pastinya sudah membayangkan ingin berbuka puasa dengan makanan dan minuman apa. Biasanya orang yang punya pacar akan ngabuburit bareng sambil mencari menu makanan dan minuman untuk buka puasa. Tapi bagaimana dengan orang yang jomblo? Tak perlu khawatir JBers karena ada banyak ide ngabuburit buat kamu para jomblo bahagia. Mari simak kelima ide di bawah ini!

1.Membaca Buku

Membaca Buku di Taman (pinimg.com)

Membaca buku adalah kegiatan yang paling ampuh untuk menunggu waktu adzan maghrib tiba. Jika kamu bosan membaca buku di rumah, carilah tempat yang nyaman untuk membaca buku seperti di taman kota, perpustakaan, hingga toko buku. Selain tidak mengeluarkan biaya, kamu juga bisa mendapat ilmu pengetahuan sehingga kegiatan ngabuburitmu jadi lebih berpahala. Pilih buku-buku yang tidak terlalu tebal agar bisa kamu tuntaskan dalam waktu beberapa jam saja. Jika tak suka membaca buku, kamu bisa memilih untuk membaca majalah.

2.Bersepeda

Naik Sepeda Saat Ngabuburit (huffpost.com)

Bersepeda adalah hal kedua yang bisa dilakukan jomblo saat ngabuburit. Nikmati suasana sore hari saat Ramadhan yang hanya bisa kamu rasakan satu tahun sekali. Pilih rute yang tak terlalu jauh dari rumah sehingga kamu tak ketinggalan adzan maghrib. Selain bisa menambah kebugaran, kamu juga bisa sambil cuci mata dan berbelanja takjil atau makanan untuk berbuka puasa karena para pedagang makanan pastinya sudah berjajar rapi di sore hari.

3.Beres-beres Kamar

Membereskan Kamar (maidsailors.com)

Beres-beres kamar terdengar melelahkan dan malas untuk dilakukan? Tak perlu semuanya kamu bereskan. Cicil terlebih dahulu satu persatu, misalkan hari ini kamu membereskan lemari lalu besoknya kamu baru merapikan rak buku. Cobalah untuk searching video makeover kamar yang bisa membuat kamu lebih bersemangat untuk memiliki kamar yang kece dan nyaman. Dengan merapikan dan mengubah dekorasi kamar, suasana hati kamu pasti akan jadi lebih baik dan ibadah kamu saat bulan Ramadhan akan lebih maksimal.

4.Berburu Senja

Berburu Sunset (canvaspop.com)

Suka fotografi? Kenapa tidak melakukan hal yang satu ini? Berburu senja merupakan kegiatan seru yang bisa kamu lakukan sendirian. Ambil kameramu dan cobalah untuk berjalan atau naik sepeda sambil mengelilingi komplek untuk mencari sudut yang oke untuk kamu mengambil gambar keindahan senja yang dihiasi warna gradasi jingga, merah, dan kuning. Kamu bisa mengoleksi foto-foto senja ini dengan menguploadnya di instagram agar semua orang bisa melihat keindahan senja yang kamu lihat.

5.Belajar Hal yang Diinginkan

Membuat Furniture Sendiri (shutterstock.com)

Pernahkah terbersit dalam pikiran kamu untuk belajar hal baru yang kamu inginkan? Jika selama ini hanya menjadi impian saja, bagaimana kalau kamu mewujudkannya saat bulan Ramadhan ini sebagai kegiatan untuk ngabuburit. Contohnya seperti kamu ingin belajar memasak, merajut, menggambar, membuat furniture sendiri, dan lain sebagainya. Jadikan bulan Ramadhan kali ini sebagai bulan untuk kamu belajar, siapa tahu selama satu bulan ini kamu jadi mahir setelah mempelajari hal yang kamu inginkan.

Bagaimana kelima ide ngabuburit di atas JBers? Kamu akan mencoba yang mana dulu hari ini? (jow)