Pria berkewarganegaraan asing yang fasih berbahasa Indonesia mengaransemen lagu “Aku Rapopo” yang dipopulerkan pedangdut Julia Perez alias Jupe. Dia memberi judul aransemen itu dengan judul “Agama Uang”.

Meski bernada kritik, pria itu membantah lagu yang dia buat untuk mengkritik kondisi bangsa Indonesia. Dalam tulisannya dalam akun Bule Galau, untuk membalas artikel seorang blogger, pria itu mengaku tidak berniat mengritik kondisi bangsa Indonesia.

“Terima kasih telah menulis artikel mengenai laguku, namun sebetulnya aku tak menujukkan kritik untuk (kondisi) Indonesia,” tulis dia. Melalui aransemen ini, bule itu ingin menyoroti kondisi umum yang terjadi di dunia saat ini. “Aku hanya ingin berbagi pandangan dan memparodikan materalisme yang kini dominan di hampir seluruh dunia.”

Mungkin, tambah dia, sebagian orang berpikir lagu ini untuk menyindir. Karena yang digunakan dalam lagu itu adalah Bahasa Indonesia. “Namun sebetulnya lagu itu aku buat hanya untuk senang-senang dan mempraktikkan bahasa Indonesia.”

Bule itu mengaku ingin mempelajari Bahasa Indonesia lebih lanjut. Dia ingin lancar melafalkannya. “Aku tak bermaksud menyindir siapapun di video itu, namun aku mengapreasiasi jika orang-orang tak merundungku.”

“Bukankah kita harus saling mempromosikan perdamaian antarmanusia? Ya kan? Salam cinta damai,” tambah dia.

Berikut ini videonya.

(tom)