Malang selalu punya tempat wisata baru yang bisa bikin kamu tak pernah puas untuk datang ke sini. Jika sebelumnya ada Museum Angkut, BNS, Taman Selekta, serta Batu Secret Zoo yang masuk dalam jajaran tempat wisata wajib saat berkunjung ke Malang. Sekarang ada Cafe Sawah yang sedang hits di kalangan anak muda karena setiap sudutnya sangat instagramable buat foto-foto dan kamu upload di instagram atau sosial media lainnya.  Cafe Sawah terletak di Pujon Kidul, Pujon, Malang.

Cafe Sawah di Pujon Kidul Malang (iklantravel.com)

Sesuai dengan namanya, Cafe Sawah ini terletak di tengah-tengah area persawahan sehingga suasananya sangat asri dan sejuk sekali. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan hamparan sawah dengan bukit-bukit hijau dan Gunung Puteri Tidur atau Gunung Dorowati sebagai pembatasnya. Semilir angin pun sangat terasa sehingga meski sinar matahari cerah, kamu disarankan untuk mengenakan pakaian yang cukup tebal agar tidak kedinginan. Tak jarang kamu juga bisa melihat ada para petani yang sedang bertani di sawah.

Cafe Sawah Pujon Malang iqbalazhari.com)

Kafe ini mengusung konsep kafe outdoor dan rest area sehingga cocok buat kamu yang ingin bersantai sejenak sambil merefreshing pikiran. Cafe Sawah sering dijuluki sebagai kafe taman cinta karena ada spot taman kecil berbentuk dua hati yang berjejer berdampingan. Selain itu ada taman dengan simbol cewek dan cowok yang pas buat kamu foto-foto bareng teman atau pacar. Spot taman-taman kecil ini memang menjadi favorit di sini karena selain bentuknya yang unik, warna tanaman dan bunga-bunganya juga sangat beragam. Meja dan kursinya pun terbuat dari kayu sehingga unsur naturalnya sangat berasa.

Pujon Kidul Malang (www.brobali.com)

Kamu bisa memilih untuk duduk di luar atau di gazebo yang bentuknya mirip rumah joglo sambil menyantap aneka menu makanan dan minuman dengan harga kisaran mulai dari Rp 4.000-Rp 30.000 saja. Untuk menu makanannya ada bakso, nasi jagung, bakmi, nasi pecel, hingga aneka gorengan khas angkringan. Sementara untuk menu minumannya ada kopi, susu, teh, dawet Malang, dan aneka minuman lainnya. Jika kamu memesan makanan dan minuman di sini, kamu harus segera menghabiskannya ya JBers karena dalam hanya dalam hitungan detik, makanan dan minuman yang kamu pesan akan langsung dingin karena udara setempat.

Menu Makanan di Cafe Sawah (iqbalazhari.com)

Untuk dapat menikmati suasana di Cafe Sawah ini, kamu tak dikenakan biaya kok. Hanya saja kamu harus memesan makanan dan minuman yang ada di sini. Sementara untuk harga parkirnya, kamu cukup merogoh kocek Rp 2.000 untuk parkir motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil. Hal ini dikarenakan kawasan ini masih belum sepenuhnya dibenahi oleh pemerintah setempat sehingga jangan heran jika jalanan ke Cafe Sawah ini masuk ke dalam pedesaan. Cafe Sawah buka mulai hari Senin-Jumat pada pukul 08.00-19.00 dan Sabtu-Minggu pada pukul 08.00-22.00 malam.

Ingin langsung datang ke Cafe Sawah? Kamu bisa mengambil jalur dari arah pusat Kota Batu dengan naik kendaraan motor atau mobil. Jarak tempuhnya hanya sekitar 30 menit saja kok dari Kota Batu. Tapi disarankan naik motor saja karena jalanannya hanya bisa dilalui satu mobil saja. Jika sudah masuk kawasan Desa Pujon Kidul, jaraknya hanya sekitar 300 meter. Letak Cafe Sawah yang masuk ke pedesaan membuat kamu harus rajin-rajin bertanya ya pada penduduk lokal agar tak tersesat di jalan. Selamat menikmati pemandangan yang asri dan udara yang sejuk di Cafe Sawah JBers! (jow)