Sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid merupakan komponen wajib yang harus ada di sebuah negara yang ditempati oleh umat Islam. Sebagai salah satu negara dengan populasi Muslim terbanyak di dunia, yakni jumlah sekitar 240 juta pemeluk agama Islam atau 42% total populuasi di kawasan ini, tentu bukan hal sulit untuk menemukan masjid di kota-kotanya.

Di Asia Tenggara terdapat masjid-masjid yang dibangun cukup unik dan memiliki sejarah yang kuat bagi masyarakat setempat. Berikut ini deretan masjid-masjid terbesar yang wajib kamu kunjungi di Asia Tenggara, seperti dilansir dari Good News From Indonesia.

1. Masjid Istiqlal, Indonesia.

siloka.com

Terletak di jantung Ibu Kota Indonesia, bukan hal yang sulit menemukan masjid megah satu ini. Masjid Istiqlal memiliki kapasitas 200.000 jamaah, menjadikannya yang terbesar di Asia Tenggara. Berdasarkan luar area bangunan dan lahan, Masjid Istiqlal juga yang terbesar di Asia Tenggara dan keempat di unia, dengan laham 95.000m2.

Masjid ini diresmikan pada tahun 1978 untuk memperingati kemerdekaan Indonesia sebagai rasa syukur negeri. Nama Istiqlal berasal dari Bahasa Arab yang berarti kemerdekaan. Tak hanya dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jakarta, para pemimpin dunia juga telah mengunjungi masjid ini sebagai bagian dari kunjungan diplomatiknya, seperti Mantan Presiden Amerika Serikat Barrach Obama dan Pangeran Charles dari Inggris.

2. Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah â?? Filipina.

 

http://randomwhispers.com

Sultan Haji Hassanal Bolkiah merupakan masjid termegah di Filipina. Masjid yang terletak di Cotabato City, Filipina Masjid ini memiliki kapasitas 60.000 jamaah. Dinamakan Masjid Hassanal Bolkiah, sebab ini dibangun atas permintaan dan bantuan dari Sultan Brunei Darussalam Hasanal Bolkiah saat ia berkunjung ke Filipina.

Pembangunan masjid yang dibangun sejak tahun 2009 dan diresmikan pada 2011 ini memang didanai oleh Hassanal Bolkiah of Brunei Darussalam dengan anggaran mencapai US$48 juta untuk membantu perkembangan masyarakat Muslim di kawasan Filipina Selatan.

3. Masjid Agung Surabaya â?? Indonesia.

tribunnews.com

Masjid Agung Surabaya memiliki nama lain Masjid Nasional Al Akbar. Masjid yang diresmikan pada tahun 2000 ini merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia, sekaligus menjadi ikon lain dari Surabaya yang berhubungan dengan situs wisata religi. Berlokasi di Pagesangan, Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Berdiri di atas lahan seluas 18.800m2, masjid ini dapat menampung 59.000 jamaah. Masjid ini memiliki dua lantai dan dilengkapi dengan lift dan menara. Para pengunjung yang datang ke masjid dapat juga menikmati pemandangan kota Surabaya, Sidoarjo dan Bangkalan dari atas menara yang memiliki tinggi 99 meter.

4. Masjid Islamic Center Samarinda – Indonesia.

wisata-tanahair.com

Berdiri megah di tepian Sungai Mahakam, Masjid Islamic Center Samarinda merupakan masjid terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Masjid yang terletak di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur ini mampu menampung sampai 40.000 jamaah.

Komplek ICS diresmikan pertama kali oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada tanggal 16 Juni 2008. Rancangan menara masjid diilhami menara masjid Nabawi di Madinah Almukarromah, dan kubah utamanya diilhami masjid Haghia Sophia di Istanbul Turki (yang sekarang sudah menjadi museum).

5. Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin â?? Malaysia.

Wikipedia

Masjid Mizan Zainal Abidin yang juga dikenal sebagai Masjid Besi terletak di Putrajaya, Malaysia. Dengan total area 73.795 m2, masjid ini dapat menampung sampai 34.000 jamaah. Masjid ini diresmikan pada tahun 2009 oleh Yang di-Pertuan Agong Tuanku Mizan Zainal Abidin.

Masjid Besi memiliki keistimewaan tersendiri antaranya tidak ada instalasi kipas ataupun alat penyejuk udara di dalamnya, sebaliknya menggunakan gas pendingin (gas district cooling atau GDC). Selain itu, masjid ini juga menggunakan Arsitektur Jaringan Kabel (architectual Wire Mesh) atau Anyaman Masyrabiah yang diimpor dari Jerman dan China.