Don't be Captious

5 Penemuan Penting yang Ditemukan oleh Muslim

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Professor Salim al-Hassani, Ketua Foundation for Science, Technology, and Civilisation, mengungkapkan bahwa banyak penemuan penting yang bermanfaat dalam kehidupan yang justru ditemukan oleh Muslim. Namun, kebanyakan orang malah mengetahui penemuan itu ditemukan oleh orang-orang Barat. â??Ada lubang dalam pengetahuan kita, kita melompat begitu saja dari zaman Renaisans ke Yunani,â? katanya. Berikut adalah 5 penemuan Muslim paling penting dalam sejarah menurut Professor Hassani, seperti dilansir dari CNN, Selasa (30/5/2017).

1. Kopi

Kopi (Thefinder)

Professor Hassani bercerita bahwa walaupun kini popularitas kopi paling tinggi di dunia Barat, tetapi kenyataannya biji kopi pertama kali diseduh untuk diminum di Yemen pada abad ke-9. Minuman energi alami ini digunakan kaum Sufi untuk tetap terjaga ketika berdoa di malam hari. Belakangan, kopi dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajar dan dikenal secara luas di kerajaan tersebut. Popularitas kopi kemudian menyebar ke Turki pada abad ke-13 dan ke Eropa pada abad ke-16 berkat para pedagang Venesia yang membawanya ke Italia.

2. Operasi

Operasi (National Geographic)

Salah satu bagian yang paling integral dalam pengobatan manusia adalah operasi atau bedah. Teknik ini pertama kali diciptakan pada tahun 1000 oleh seorang dokter terkemuka, Al-Zahrawi, yang mempublikasikan sebuah ensiklopedia 1500 halaman mengenai operasi. Buku tersebut kemudian digunakan sebagai referensi medis selama 500 tahun lamanya di Eropa. Sebagai seorang pencipta teknik operasi, Zahrawi juga menjadi yang pertama untuk menggunakan usus kucing sebagai benang operasi, melakukan operasi sesar, dan menciptakan forsep atau gunting tang operasi.

BACA JUGA:  Blaise Pascal, Sang Penemu Kalkulator

3. Alat terbang

Alat terbang (Ilmfeed)

Penemuan pesawat terbang sering kali dikaitkan dengan Wright Bersaudara. Namun, Hassani berkata bahwa orang pertama yang mencoba untuk menciptakan mesin terbang dan benar-benar terbang adalah Abbas Ibn Firnas. Karya Hassani bahkan menjadi inspirassi untuk Leonardo da Vinci. Firnas yang hidup pada abad ke-9 dideskripsikan oleh sejarawan Maroko, Ahmed Mohammed al-Maqqari, telah merancang sebuah alat bersayap yang mirip dengan kostum burung. Dalam percobaan alat ini di Cordoba, Spanyol, Firnas sempat terbang beberapa saat sebelum jatuh ke tanah dan mematahkan punggungnya.

4. Sikat gigi

Sikat gigi (Okezone)

Hassani berkata bahwa Nabi Muhammad SAW adalah orang pertama yang mempopulerkan penggunaan sikat gigi. Pada tahun 600-an, Nabi Muhammad menggunakan sebuah ranting dari pohon meswak atau dikenal sebagai siwak untuk membersihkan giginya dan menyegarkan nafasnya. Hingga kini, senyawa yang mirip dengan siwak masih digunakan sebagai bahan pasta gigi modern.

5. Universitas

Universitas (Okezone)

Universitas pertama ternyata ditemukan oleh seorang wanita. Pada tahun 859, seorang putri bernama Fatima al-Firhi mendirikan universitas pertama yang memberikan gelar di Fez, Maroko, yaitu Universitas Al Quaraouiyine yang masih beroperasi hingga sekarang. Melalui universitas ini, Hassani berharap agar orang-orang bisa diingatkan bahwa pembelajaran adalah inti dari tradisi Islam. Dia juga berharap agar kisah Firhi bisa menginspirasi wanita-wanita Muslim di seluruh dunia untuk belajar. (tom)

BACA JUGA:  10 Kata-Kata Motivasi dari Karakter Pixar yang Bikin Semangat

Latest article