Film merupakan sebuah drama yang menggambarkan kisah kehidupan sehari-hari yang biasanya bersumber dari imajinasi pengarang, novel dan juga kisah nyata. Berikut adalah 5 film berdasar kisah nyata terbaik dan inspiratif, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. The Pianist

Film ini mengisahkan seorang pemain piano asal Polandia yang selamat dari serangan Nazi selama Perang Dunia II. Film ini mengingatkan kepada kita bahwa di dalam kehancuran atau kondisi terburuk seperti apapun masih terdapat suatu kebaikan.

2. The Social Network

Film ini mengisahkan tentang pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Film yang dirilis tahun 2010 ini menceritakan naik-turun, usaha terus menerus dan pengorbanan yang telah dia lakukan hingga menjadikan dia salah satu miliarder termuda di dunia.

3. Amazing Grace

Film ini menceritakan kerja keras dan perjuangan William Wilberforce menembus jajaran parlemen Inggris untuk kemudian menghapuskan praktek perdagangan budak.

4. Catch Me If You Can

Film ini dibuat berdasarkan biografi Frank Abagnale Jr., yang sebelum ulang tahunnya ke-19 telah berhasil menggelapkan uang senilai jutaan dolar AS dengan menyamar sebagai pilot Pan American World Airways, dokter dari Georgia, dan pengacara dari Lousiana. Kejahatan utamanya adalah penipuan cek, dan karena ia begitu terampil maka FBI akhirnya meminta bantuannya dalam menangkap pelaku penipuan cek lainnya.

5. Schindler’s List

Film ini mengangkat kisah seorang pebisnis bernama Oskar Schindler yang merupakan seorang Nazi. Schindler lama kelamaan prihatin akan apa yang rasnya lakukan kepada kaum Yahudi. Dia meninggalkan semua miliknya untuk kemudian ke Polandia dan menyelamatkan ribuan orang Yahudi di sana. Orang-orang yang dia selamatkan kini dikenal dengan Yahudi Schindler. (tom)