Mungkin jika mendengar kata “lagu religi”, yang terlintas di benak kamu adalah lagu Islami dengan nuansa Arab, atau lagu pop dengan lirik bernafaskan Islam. Padahal ada juga lagu religi yang tidak demikian, dan hal ini dilakukan oleh musisi-musisi indie di Indonesia. Beberapa band indie ini, tanpa harus gembar-gembor kalau lagu mereka lagu religi, malah bisa jadi lebih jujur dari lagu religius yang kita dengar di televisi. Berikut ini 5 lagu religi indie yang bisa kamu dengarkan saat puasa, seperti dilansir dari Hai.grid.id, Rabu (31/5/2017).

1. Sore – Keangkuhanku

Di debut album Sore yang berjudul “Centralismo”, terselip lagu indah ini yang merupakan lagu nomor 7. Sore menceritakan tentang manusia yang menjadi angkuh, dan lupa akan Tuhan. Sang manusia pun memohon ampun agar dosanya diampuni.

2. Efek Rumah Kaca – Debu-debu Berterbangan

Efek Rumah Kaca menafsirkan surat Al-Ashr di karya yang masuk di debut album mereka ini. Lagu ini juga dibawakan lagi oleh Pandai Besi, yang merupakan alter ego dari Efek Rumah Kaca.

3. Tigapagi – Menari

Band asal Bandung ini mengingatkan kita bahwa dunia ini bukanlah apa-apa. Masih ada akhirat sana, dan Tuhan tak pernah berhenti mengawasi kita. Tigapagi sendiri adalah band folk dengan nuansa Sunda dan masuk ke dalam 10 Band Terbaik di ajang Indiefest.

4. The Morning After – #1

Band asal Malang ini mengajak kita untuk terus bersyukur kepada Tuhan atas semua yang telah ia berikan kepada manusia. Apapun yang kita hadapi, selalu tak ada salahnya untuk bersyukur kepada-Nya, Tuhan, sang nomor satu.

5. Aftercoma – Raga Terbakar

Menggandeng Ipang di clean vocal, lagu milik band metal Bandung ini terasa banget unsur religinya sejak bait pertama. Lagu ini bercerita bahwa seseorang yang masuk neraka, tak lain adalah karena ulah mereka sendiri dan tak ada lagi yang bisa mereka lakukan kecuali menyesalinya. (tom)