Jika di Indonesia, kita biasanya berbuka dengan kolak pisang atau sop buah. Tentunya, negara lain memiliki menu yang berbeda dengan negara kita. Apa saja menu berbuka puasa dari negara lain? Berikut ini beberapa menunya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Freekeh

Freekeh (HAI)

Freekeh menjadi hidangan yang cukup populer di negara-negara Timur Tengah, seperti Mesir, Tunisia, Palestina, Suriah, Yordania dan Aljazair. Freekeh sendiri adalah makanan yang terbuat dari gandum durum. Biasanya, Freekeh dilengkapi dengan daging merpati, domba, tomat, ayam, dan juga sup.

2. Bubur Lambuk

Bubur Lambuk (HAI)

Bubur Lambuk adalah bubur kanji dari Malaysia. Bubur yang sering dimasak dalam jumlah banyak untuk berbuka puasa selama Ramadan ini rupanya terdiri berbagai rempah-rempah, termasuk adas, udang kering dan santan.

3. Gullac

Gullac (HAI)

Selain baklava (makanan khas Turki) dan berbagai jenis semur dan keju, Gullac juga merupakan salah satu makanan andalan untuk berbuka puasa di Turki. Gullac adalah makanan manis yang terbuat dari susu, tepung jagung, air mawar dan diberi biji kenari, biji delima dan pistachio.

4. Kousha Mahshi

Kousha Mahshi (HAI)

Di Mesir, Kousha Mahshi merupakan makanan khas untuk berbuka puasa. Dibuat dari beras dan daging, Kousha Mahshi cukup memiliki daya tarik tersendiri waktu bulan Ramadan. Hidangan ini juga cukup populer di banyak negara di Timur Tengah dan Balkan.

5. Samosa

Samosa (HAI)

Samosa adalah semacam pastel yang berisi daging goreng atau panggang. Di Indonesia, mungkin kamu cukup mudah menemuinya. Tak jauh beda sama di sini, di negara-negara lain seperti Somalia, Etiopia, dan Yaman, Samosa juga biasa disajikan dengan isi daging. Namun di negara seperti India, Pakistan, dan Bangladesh, Samosa  justru biasa disajikan dengan berisi sayuran, kacang polong, kacang pinus, kentang, dan lentil.

6. Navy Bean Pie

Navy Bean Pie (HAI)

Di Michigan, Amerika Serikat, anggota Nation of Islam selalu menyajikan Navy Bean Pie sebagai hidangan berbuka puasa. Selidik punya selidik, hidangan Navy Bean Pie ini jadi â??takjilâ? paling favorit di sana.

7. Jollof Rice

Jollof Rice (HAI)

Jollof Rice atau yang disebut juga dengan Benachin, adalah hidangan terpopuler di Negara bagian Afrika Barat. Di Nigeria, nasi Jollof ini terbuat dari tomat, pasta tomat, ayam, dan bawang-bawangan.

8. Arroz Caldo

Arroz Caldo (HAI)

Arroz caldo adalah sejenis bubur yang berasal dari Filipina. Bubur ini berisi dengan bawang putih, jahe, saus ikan dan ditaburi dengan bawang putih goreng renyah di atasnya.

9. Harees

Harees (HAI)

Harees atau harissa adalah hidangan khas dari Timur Tengah. Hidangan ini biasanya menjadi makanan khas untuk berbuka di Dubai dan Abu Dhabi. Harees dibuat dengan cara direbus. Komposisinya adalah gandum yang dicampur dengan daging kambing, domba, ataupun sapi.

10. Koofteh

Koofteh (KookJij)

Tampilan Koofteh yang cukup mirip sama bakso, menjadikan Koofteh bisa juga kita bilang sebagai bakso yang berasal dari Persia. Bakso yang disajikan bersama dengan kacang polong, daun bawang, kunyit, rempah-rempah, dan nasi basmati ini menjadi makanan berbuka paling favorit di Iran. (tom)