Baru-baru ini media sosial tengah dihebohkan dengan sebuah video yang berisi seorang bayi yang baru lahir tiba-tiba berusaha untuk berjalan. Dalam video berdurasi 41 detik itu, terlihat bayi yang berada di dalam dekapan tangan perawat sedang berusaha menyeimbangkan kakinya, kemudian berjalan di tempat tidur.

Padahal biasanya butuh beberapa bulan hingga seorang bayi bisa berjalan. Apalagi menurut ilmu medis, untuk membuka mata saja adalah hal yang tidak mungkin dilakukan oleh bayi yang baru terlahir ke dunia. Videonya langsung viral usai diunggah oleh akun Facebook Arlete Arantes pada Jumat (26/5/2017). Hanya dalam tiga hari, video ini telah ditonton lebih dari 71 juta!

Dalam video yang berdurasi 41 detik itu, terlihat bayi yang perlahan tapi pasti, melangkahkan kakinya seperti orang yang sedang berjalan. Saat seorang perawat mencoba membersihkan bayi ini setelah lahir, ia terkejut saat bayi itu menggerakkan kakinya seolah-olah dia bisa berjalan.

Saat ia terus berjalan sementara perawat memegangi tubuhnya yang mungil. Setelah beberapa saat, perawat tersebut mencoba meletakkan bayi itu agar dia bisa membersihkannya, tapi bayi itu mencoba berdiri lagi, dan mencoba berjalan sekali lagi. Lihat videonya.

Namun, walau tampak ajaib, bayi berjalan saat baru dilahirkan itu adalah gejala normal. Ternyata menurut penjelasan medis yang dipaparkan rumah sakit anak di Amerika Serikat, Lucile Packard Children’s Hospital Stanford, seperti dilansir dari Kumparan, itu hanya gerak refleks bayi yang baru lahir.

Refleks bagi bayi baru lahir adalah gerakan spontan yang normal dan alamiah, terjadi sebagai reaksi dari aktivitas otak atau syaraf. Ada beberapa gerakan refleks bayi, seperti menghisap, kaget, menyusui, dan berjalan. Untuk refleks berjalan, bayi akan spontan menggerakkan kakinya jika digendong berdiri dan telapak kakinya menyentuh permukaan yang keras.

Bagaimana menurutmu?