Saat ini musik dangdut di Indonesia tengah mengalami masa yang baik. Tentu saja hal ini tak lepas dari kehadiran sejumlah sosok pedangdut baru yang memberikan warna baru dan kualitas yang bagi industri ini. Salah satu sosok yang berkontribusi untuk meningkatkan citra dangdut adalah Via Vallen.

Namanya baru-baru ini mencuat dan menjadi perbincangan setelah mengalahkan Ayu Ting Ting dalam satu ajang penghargaan musik Indonesia. Dia berhasil memenangkan kategori Penyanyi Dangdut Paling Ngetop 2017. Ia berhasil menyingkirkan Nasar, Cita Citata, Ayu Ting Ting dan Zaskia Gotik. Tak ayal, atas kemenangan itu, Via Vallen sempat menjadi bulan-bulanan penggemar lawannya di kategori itu.

Instagram

Pemilik nama asli Maulidia Octavia ini memang masih terdengar asing, dan tak setenar pesaing-pesaingnya yang sering wara-wiri di layar kaca. Namun, untuk orang-orang di daerah Jawa, penyanyi dangdut satu ini namanya sudah cukup terkenal lho. Sebelum ini Via memang sering tampil off air di daerah-daerah.

Kehadirannya di dunia hiburan Indonesia sering dianggap mirip dengan Isyana Sarasvati karena kemiripan wajahnya. Tak hanya itu, kualitasnya dalam bermusik tidak main-main. Tak seperti penyanyi dangdut pada umumnya, wanita kelahiran Sidoarjo, 1 Oktober 1991 ini tak menjual goyangan. Penampilannya pun dikenal dengan Korean Style-nya. Tak heran, jika ia sering disebut Isyana atau Raisa versi dunia koplo.

Via Vallen memulai karier di dunia entertain sejak duduk di kelas 2 SMP. Dia memang sejak kecil sudah hobi bernyanyi. Sejak kelas 5 SD ia sudah berani manggung bersama ayahnya yang seorang musisi dangdut. Namun jauh sebelum terjun ke musik dangdut, Via sendiri lebih tertarik dengan musik-musik pop. Namun, pada akhirnya ia merasa jiwanya mencintai musik dangdut.

Kini, ia memiliki penggemar dari berbagai kota yang diberi nama Vyanisty dan diresmikan pada tanggal 24 September 2010. Dan sekarang, kini bersolo karier dengan keluarnya single pertama Via dengan judul Selingkuh yang pada awal tahun 2015 dan semakin membuat Via banyak dikenal oleh pecinta musik di tanah air.