Band metal asal Garut, Jawa Barat, Voice of Baceprot (VoB) alias suara bising berhasil menarik sorotan media besar dunia. Hal ini dikarenakan band metal tersebut beranggotakan tiga perempuan asal Garut yang mengenakan hijab atau kerudung.

VoB yang digawangi Firdda Kurnia, Euis Siti Aisyah, and Widi Rahmawati itu menjadi salah satu sorotan di laman milik Kantor Berita Reuters. Reuters merupakan kantor berita yang bermarkas di London, Inggris dan menjadi acuan bagi berbagai media di dunia.

VoB (TribunStyle)

Dalam artikelnya, Reuters memberitakan mengenai VoB dengan judul “Indonesia’s hijab-wearing Muslim metal group challenges stereotypes”, atau Grup Metal Berhijab Asal Indonesia Menantang Stereotipe.

Seperti dilaporkan Reuters, penampilan band VoB dinilai tidak seperti band metal pada umummnya. Dibentuk pada tahun 2014, band remaja yang berasal dari salah satu daerah di pulau terpadat di Indonesia itu menggunakan musik metal untuk memerangi stereotipe bahwa wanita Muslim tidak mampu bersuara atau mengatakan pendapat.

Firdda Kurnia (16), vokalis dan gitaris VoB mengatakan, mengenakan jilbab seharusnya tidak menjadi penghalang untuk mengejar impiannya menjadi bintang metal. “Saya kira kesetaraan gender harus didukung, karena saya merasa saya masih terus mengeksplorasi kreatifitas saya, namun di satu sisi juga saya tidak mengurangi kewajiban saya sebagai wanita muslim,” ujarnya seperti dilaporkan Reuters.

Firdda Kurnia (Tribunnews)

VoB kerap diundang untuk manggung di sejumlah acara perpisahan berbagai sekolah. Ini membuat ketiganya dengan cepat digemari para remaja seusia mereka, dan mampu membuat penonton berjoged mengikuti hentakan irama musik.

VoB tidak hanya memainkan lagu-lagu metal dari sejumlah band ternama seperti Metallica dan Slipknot. Namun mereka juga memainkan lagu ciptaan mereka sendiri, yang mengangkat isu pendidikan di Indonesia.

Diketahui, hingga sekarang ini VoB sudah membuat tiga single yang diciptakan bersama-sama. Ketiga single tersebut berjudul “School Revolution”, “Age Oriented (let’s be old)”, dan “The Enemy of Earth is You”, yang keseluruhannya menyuarakan sebuah perlawanan.

Para personel VoB (NST)

Berikut ini video penampilan mereka di atas panggung membawakan lagu “Age Oriented”.

(tom)