Sebagai orang nomor 1 di Indonesia, segala hal yang berkaitan dengan Joko Widodo alias Jokowi memang selalu menarik perhatian. Tak terkecuali mengenai keluarganya. Kalau soal Jokowi kamu tentu sudah sangat tahu. Begitu pula dengan sosok sang istri, Iriana. Kalau soal kehidupan anak-anaknya gimana?

Baru-baru ini putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, mengunggah sebuah rekaman di akun Youtubenya berjudul #BapakMintaProyek. Video yang berisi sindiran buat anak-anak pejabat yang memanfaatkan aji mumpung jabatan bapaknya ini menarik perhatian banyak orang.

Dalam rekamannya itu, Kaesang juga mengajak anak-anak pejabat lain agar tak bermain proyek dengan mengandalkan kekuasaan orangtuanya di pemerintahan. Menariknya, tiga anak presiden Jokowi lainnya memang dikenal dengan kesederhanaan mereka yang layak dicontoh anak-anak pejabat Indonesia lainnya. Tengok, yuk, kisah-kisah anak Presiden yang tak manfaatkan jabatan orangtuanya, seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut ini.

1. Gibran Rakabuming Raka.

kompas.com

Gibran Rakabuming lahir pada 1 Oktober 1987 di masa Jokowi memulai usaha sendiri mendirikan pabrik kayu di Solo. Alih-alih terjun ke dunia politik seperti sang ayah, setelah lulus dari Universitas Teknologi Insearch, Sydney, Australia Gibran memilih kembali ke Solo dan memulai usaha catering bernama Chilli Pari dan Markobar. Sejak Jokowi menjadi Wali Kota Solo, dia memang sudah mandiri dalam berbisnis.

Gibran pun tak memungkiri jika ia kerap didatangi pegawai-pegawai negeri sipil yang hendak mendekati bapaknya yang kala itu menjadi Walikota Solo. Namun, Gibran bukannya tergiur, dia langsung memerintahkan bagian marketing untuk menolak semua pesanan dari Pemkot Solo.

Setelah ayahnya menjadi Presiden pun ia tetap pada posisinya yang tak ingin menganggu profesi sang ayah. Pria yang dikenal irit bicara ini juga lebih suka bepergian tanpa dikawal Paspampres. Tujuh tahun berjalan, Gibran kini sukses sebagai pengusaha catering dengan omzet ratusan juta rupiah tanpa bantuan sang ayah dan tetap menjadi pribadi yang sederhana.

2. Kahiyang Ayu.

Instagram

Putri satu-satunya Jokowi, Kahiyang Ayu, juga sederhana sama seperti sang kakak. Wanita yang sering dipanggil mbak Ayang ini adalah lulusan teknologi pangan dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dikenal berperangai sederhana seperti sang Ibu. Caranya dalam berpakaian pun sangat sederhana, hanya kemeja dan celana jeans pun sudah cukup.

Tak seperti anak presiden lain, Kahiyang justru terlihat santai saat sedang nongkrong dengan teman-temannya tanpa pengawalan. Tak sedikit pula yang menceritakan betapa ramah dan sederhananya Kahiyang saat mereka tak sengaja bertemu langsungnya.

Tak hanya itu saja, Kahiyang pernah mengikuti seleksi CPNS di Solo, Jawa Tengah dan dinyatakan tidak lulus. Padahal, secara rata-rata nilai Kahiyang dinyatakan bagus, cuma untuk satu materi tes nilainya tidak memenuhi batas minimal. Sebenarnya, kalau mau bisa saja kan ia lolos jadi PNS lewat koneksi ayahnya?

3. Kaesang Pangarep.

Youtube

Si bungsu yang satu ini memang berbeda tingkahnya dibanding ke dua kakaknya. Pria kelahiran Solo, 25 Desember 1994 ini memang paling kocak dan konyol. Belum lagi kegemarannya melatih otot di pusat kebugaran membuat Kaesang memiliki tubuh kekar yang berbeda jauh dengan sang ayah Jokowi atau kakaknya, Gibran.

Daripada terjun ke dunia politik, Kaesang memilih jadi seorang Youtuber. Lewat channel-nya itulah dia membongkar habis bagaimana kehidupannya sebagai anak Presiden. Dalam kehidupannya, Kaesang juga sederhana sama seperti kakak-kakaknya. Kaesang selalu membuat vlog di kamar pribadinya. Netizen pun melihat kondisi kamarnya.

Sebagai putra presiden, bukanya tidur di ranjang yang mewah dengan segala fasilitas luar biasanya., Kaesang justru tidur di atas dipan kayu sederhana. Dengan kasur busa yang diberi sprei warna hijau. Bantalnya pun tak kalah nelangsanya, cuma kecil dan kempes, berwarna hijau. Keren, kan?